Kabupaten Kampar Raih Predikat WTP

Kabupaten Kampar kembali raih WTP dari BPK RI.

[divide]

Kampar (Nadariau.com) – Kabupaten Kampar kembali untuk kedua kalinya meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Riau.

Dengan mendapatkan opini ini kembali, diharapkan menjadi cambuk bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar untuk lebih disiplin lagi dalam pengelolaan keuangan pada setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

Begitu dikatakan Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM pada sambutannya usai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau , Harry Purwaka yang dilaksanakan di Kantor BPK Perwakilan, Senin (28/05/2018).

Turut hadir Wakil Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri dan seluruh kepala OPD di jajaran Pemkab Kampar. Bupati mengungkapkan bahwa dengan mendapatkan opini WTP ini juga diharapkan kepada kepala OPD agar lebih efektif dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan.

Dengan demikian, hendaknya nanti predikat WTP ini dapat dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya. Dapat meraih WTP untuk yang kedua kali ini mungkin merupakan berkah dan rahmat di bulan suci Ramadhan.

Untuk itu Pemkab Kampar sangat berterima kasih kepada tim dari BPK yang telah dengan ikhlas membimbingnya dalam menjalankan roda pemerintahan, agar menjadi lebih baik lagi ke depannya.

“Terima kasih juga kepada seluruh kepala OPD yang telah bekerjasama dengan memberikan laporan sesuai dengan fakta yang ada hingga mengantarkan kita mendapatkan WTP untuk yang kedua kalinya,” ucap Bupati.

Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri memberikan apresiasi terhadap BPK Perwakilan Provinsi Riau yang telah memberikan bimbingan terhadap pengelolaan keuangan di Pemkab Kampar hingga Kampar kembali meraih opini WTP.

“Kita sangat berharap predikat ini bisa dipertahankan kembali pada tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau Harry Purwaka dalam sambutannya mengatakan, pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan dimana opini merupakan pernyataan profesional pemeriksaan mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemkab Kampar Tahun 2017, BPK RI memberikan opini WTP dengan kriteria kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektivitas sistem pengendalian internal, penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan dan ungkapan yang memadai,” katanya. (Advertorial/Diskominfo)