Pemkab Siak Dukung Upaya Pengembangan Destinasi Wisata Alam

Plt Bupati Siak H Alfedri sedang melakukan Safari Ramadhan di Kecamatan Tualang.

[divide]

Siak (Nadariau.com) – Plt Bupati Siak H Alfedri mengatakan, bahwa Bulan Ramadhan ini merupakan bulan yang tak hanya mewajibkan untuk berpuasa saja.

Pada bulan ini, kata Alfedri, semua dianjurkan untuk memperbanyak ibadah-ibadah lain, seperti shalat Tarawih, membaca Al-Qur’an, sedekah, infaq dan ibadah serta amal-amal lainnya.

“Di bulan Ramadhan ini, kita diperintah oleh Allah SWT untuk memperbanyak ibadah, seperti berinfak, sedekah serta ibadah lain. Karena, bulan ini panggilan bagi kita untuk bagaimana agar puasa tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tutur Alfedri, saat melakukan Safari Ramadhan di Masjid Nurul Yaqin Kampung Pinang Sebatang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Sabtu malam kemarin.

H Alfedri juga mengatakan Pemkab Siak mendukung kecamatan Tualang yang akan mengembangkan destinasi wisata alam. Dengan memanfaatkan Sungai Siak, Untuk destinasi wisata Kabupaten Siak sesuai RPJP, 2017 melampaui 3.24 ribu pengunjung ke Siak, dibanding destinasi wisata alam dan objek-objek wisata lainnya.

“Orang luar, melakukan wisata religi, pertama tujuannya ke Siak lalu ke Rokan Hulu. Termasuk Perawang (Tualang) ini banyak potensial usaha jasa pertambangan dan pengolahan, gali potensi wisatanya, sehingga ke depan akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Tualang,” ungkap Alfedri.

Saat ini, Kabupaten Siak sedang mengembangkan destinasi wisata yang ada di setiap kecamatan, seperti Bungaraya terkenal dengan Agro Wisatanya, Hutan Merembang di desa Suak Merambai, Hutan Mangrov di Kecamatan Sungai Apit, serta wisata alam lain seperti danau Naga Sakti di Pusako,” tandas Alfedri.

Di penghujung acara, Plt Bupati Siak yang didampingi Camat Tualang serta Asisten Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat Pemkab Siak. Menyerahkan bantuan paket sembako, dan beberapa bantuan lainnya, kepada kaum duafa dan anak yatim di lingkungan kampung Pinang Sebatang.

Sementara Camat Tualang Zalik Effendi selaku tuan rumah pada acara tersebut mengatakan, sesuai dengan Surat Edaran yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Siak, tentang tertib hiburan malam pada bulan suci Ramadhan, sudah ditindaklanjuti.
Pemerintah Kecamatan Tualang membatasi segala bentuk kegiatan hiburan malam, seperti tempat Karaoke dan tempat hiburan anak (game on line), dengan dibantu Satpol PP Siak.

“Kami juga telah melakukan pembatasan dalam kegiatan hiburan seperti Karaoke maupun tempat hiburan anak-anak ini dan mudah-mudahan ini akan ditutup total,” kata Zalik.

Zalik juga menambahkan, bahwa di Kampung Pinang Sebatang ini, berencana akan dibuat tempat pariwisata, yang rencananya akan menggunakan perahu (sampan) wisata menyusuri sungai Siak hingga ke jembatan Maredan.

Namun, rencana tersebut terbentur masalah pendanaan, dan akan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga.

“Kami juga punya rencana akan membuat tempat pariwisata di sepanjang sungai Siak. Memang sekarang masalahnya dalam pendanaan. Kita berencana akan mencari orang ketiga untuk membantu rencana kita dalam membangun tempat pariwisata di Kecamatan Tualang, khususnya Kampung Pinang Sebatang saat ini,” tutur mantan Camat Dayun itu.

Safari Ramadhan Pemkab Siak selain dihadiri pimpinan kepala Organisasi Perangkat Daerah, juga dihadiri oleh Penghulu Kampung se-Kecamatan Tualang, anggota DPRD Siak Hj Gustimar dan Forkompinda Kecamatan Tualang serta ratusan warga kampung Pinang Sebatang Timur.(ina)