HM Wardan Intruksikan Dinas PU Prioritas Perbaikan Jembatan Ambruk

Inhil (Nadariau.com) – Dalam kunjungan ke Desa Sungai Luar, Kecamatan Batang Tuaka, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir HM Wardan menyempatkan diri untuk melihat kondisi terkini jembatan yang pernah ambruk di salah satu kawasan tersebut, Minggu (4/2/2018).

Sebelumnya, jembatan yang menjadi penghubung utama masyarakat dari dua dusun yang berbeda ini runtuh, sekira 2 pekan yang lalu.

Untuk mengantisipasi terhambatnya akses transportasi masyarakat dari kedua wilayah. Masyarakat setempat pun berinisiatif untuk secara swadaya membangun jembatan darurat berbahan kayu.

“Di hari libur ini, saya memanfaatkan waktu untuk melihat kondisi lapangan jembatan yang beberapa waktu lalu ambruk,” ujar Bupati di lokasi jembatan ambruk tersebut.

Bupati mengatakan, dirinya telah menginstruksikan instansi terkait untuk menganggarkan rehabilitasi jembatan. Kendati demikian, menjelang perbaikan dilakukan, dikatakan Bupati, Dia telah meminta instansi terkait untuk membuat jembatan darurat yang lebih layak.

“Sudah diinstruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk menganggarkan. Namun, rehab ini akan masuk pada APBD perubahan tahun 2018. Sebab, sebelumnya pembangunan jembatan ini belum diprogramkan dan masuk saat pengesahan APBD tahun 2018 ini,” kata Bupati seraya mengatakan rehabilitasi ini penting karena volume lalu lintas masyarakat setempat yang cukup padat.

Bupati berharap, agar masyarakat bersabar menunggu rehabilitasi jembatan tersebut karena ada prosedur dan alur proses yang harus dilalui terlebih dahulu sebelum realisasi dilaksanakan.

“Yang namanya Pemerintah melaksanakan tentu perlu program, seperti juga kegiatan perbaikan jembatan ini. Jadi, kita programkan dulu perbaikannya, tidak bisa asal – asal membangun saja. Dimasukkan dulu dalam perencanaan dan dilakukan pembahasan atas itu,” urai Bupati memberikan pemahaman. (adv/diskominfo/mad)