BMKG : Udara Dingin Diperkirakan Sampai Dua Hari Kedepan

Udara dingin disebabkan karena terjadi pembelokan ini terjadi di wilayah perairan Kepri.

Pekanbaru (Nadariau.com) – Sejak beberapa hari ini, masyarkat Pekanbaru dikejutkan denga udara dingin. Bahkan banyak yang menyebutkan cuaca sekarang lebih dingin dari daerah pegunungan.

“Biasanya tidak ada udara sedingin ini di Pekanbaru. Tetapi sangat dingin sekali, Bahkan lebih dingin Kota Bukittinggi,” kata Budi, Jum’at (12/01/2018).

Ketika dikonfirmasi ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, ternyata penyebabnya adalah karena kondisi wilayah Riau sejak dua hari belakangan terjadi belokan angin.

Pembelokan ini terjadi di wilayah perairan Kepri. Akibat pembelokan angin menyebabkan tekanan rendah. Maka kondisi ini memicu pertumbuhan awan hujan cukup bagus.

Namun karena angin permukaan hingga 5000 feet cukup kencang, maka terjadi pembentukan awan rendah sulit. Namun awan menengah 2500 feet, hingga awan tinggi 9000 feet cukup bagus/tebal.

“Dampak radiasi ini menyebabkan matahari tidak maksimal masuk. Sehingga udara menjadi dingin,” jelas Kasi Data dan Informasi BMKG Slamet Riyadi.

Ketika ditanya sampai kapan kondisi udara ini, Slamet memperkirakan sampai dua hari kedepan. Setelah itu udara baru beransur normal.

Oleh sebab itu masyarakat harus hati hati dan mempersiapkan jaket ingin bepergian. Sebab udara dingin lebih terasa saat diluar rumah.

“Kejadian ini tergantung temporer saja. Dan berkemungkinan kondisi udara dingin terjadi sampai dua hari kedepan, setelah itu diperkirakan udara sudah berangsur normal,” kata Slamet. (ind)