Icut Dilantik Jadi Pj Sekda Meranti

Icut Dilantik Jadi Pj Sekda Meranti

Meranti (nadariau.com) – Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi melantik Icut atau Yulian Norwis SE MM menjadi Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Meranti, Kamis (30/03/2017). Pelantikan dilaksanakan di Balai Sidang DPRD Jalan Terpadu Dorak, Selatpanjang, Riau.

Icut sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan. Tanggal 14 Oktober 2016, Icut pernah ditunjuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Sekdakab Kepulauan Meranti menggantikan, Drs Iqaruddin MSi yang pindah tugas kePekanbaru, Riau.

Lalu, Pemda Kepulauan Meranti melelang secara terbuka (Assessment) untuk 10 jabatan kepala dinas dan badan serta jabatan sekretaris daerah. Assessment dimulai pada tanggal 20 Februari 2017.

Meski bersifat terbuka, namun Assessment hanya untuk pejabat yang bertugas diKota Sagu saja. Saat itu ada 10 pejabat yang ikut merebut kursi sekretaris daerah ini.

Mereka adalah Ir Anwar Zainal, Bambang Suprianto SE MM, Hariadi ST MT, H Herman SE MT, Drs Ikhwani MIP, Drs H Irmansyah MSi, Ir Mamun Murod MM, Drs Revirianto, Drs Suhendri MSi, dan Yulian Norwis SE MM.

“Setelah mengikuti serangkaian tes, panitia seleksi mengirim tiga nama yang lulus assessment jabatan sekda, kepada saya,” kata Irwan, Jum’at (31/03/2017).

Tiga dari sepuluh pejabat yang lulus itu antara lain Maamun Murod yang menjabat sebagai Kepala Bappeda, Suhendri yang menjabat sebagai Inspektorat, dan Yulian Norwis yang menjabat sebagai Pj Sekdakab Kepulauan Meranti.

Meski sudah diserahkan, namun Irwan tidak langsung memilih siapa diantara 3 pejabat tersebut ditunjuknya menjadi Sekda. Ia mengaku belum ingin mengumumkan atau melantik siapa yang akan menjadi sekda.

Dengan nada bercanda saat itu, Irwan mengatakan sengaja memperlama pelantikan atau pengumuman biar tiga pejabat tersebut ‘jantungan’ terlebih dahulu.

Namun, bukan itu alasan sebenarnya. Rupanya pelantikan itu akan bersamaan dengan 10 pejabat yang lulus assessment untuk kepala dinas dan kepala badan. Setelah menunggu beberapa minggu, akhirnya pelantikan untuk jabatan sekda dan kepala dinas dan badan digelar hari Kamis tanggal 30 Maret 2017 kemarin.

“Pengumumannya dilakukan secara serentak. Termasuk jabatan yang kita lelang kemarin,” jelas Irwan. (amr)

 22 total views