Universitas Islam Madinah Adakan Dauroh

Peserta Dauroh foto bersama

Tingkatkan Pemahaman Para Tokoh Indonesia

Jakarta (Nadariau.com) – Kerajaan Arab Saudi melalui Universitas Islam Madinah kembali mengadakan kegiatan Dauroh untuk para tokoh Indonesia. Dauroh kali ini diikuti 39 orang yang dibagi dalam dua gelombang.

Para tokoh ini diseleksi dari seluruh indonesia. Para tokoh yang diundang mewakili lembaga pendidikan, lembaga masyarakat dan pemerintah dengan jabatan minimal dekan, direktur, ketua yayasan dan lain-lain yang setara. Seleksi sendiri dilakukan sejak April 2016 lalu oleh  Pesantren Darrunajah Jakarta mewakili Universitas Islam Madinah.

Ketua Yayasan Pesantren Darrunajah Jakarta Dr Sofwan Manan mengatakan, dauroh ini bertujuan untuk peningkatan pemahaman para tokoh masyarakat Indonesia terhadap Islam, Bahasa Arab dan budaya Arab.

“Kegiatan ini merupakan sumbangan Pemerintah Saudi Arabia untuk peningkatan kualitas pemimpin Indonesia,” ujar Sofwan seraya menambahkan, kegiatan ini sudah berjalan di tahun kedua. Di mana setiap tahun ada peningkatan.

”Diharapkan para peserta dauroh akan dapat memanfaatkan ilmunya bagi kemaslahatan umat,” ujar Sofwan.

Salah seorang peserta Dauroh dari Pekanbaru, Provinsi Riau, Dedi Iskamto mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kapasitas individu. Karena kurikulum yang disusun sangat menarik dan aplikatif.

“Selain melakukan pelatihan dan pendidikan para tokoh mempunyai kesempatan beribadah yang luas. Karena lokasi pendidikan diadakan di Madinah. Pendidikan sendiri dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan,” ujar Dedi.(ded)