Ratusan Hektar Padi Sawah di Rohil Gagal Panen

Ratusan hektar sawah gagal panen akibat serangan hama padi di Kecamatan Bangko, Rohil.

Akibat Hama Tikus

Rohil (Nadariau.com) – Ratusan hektar sawah gagal panen padi akibat diserang hama tikus di Kepenghulan Baganjawa Pesisir, Kecamatan Bangko Rokan Hilir (Rohil). Padahal musim panen sudah hampir tiba dalam waktu dekat ini.

Ketua kelompok tani Tunas Unggul Satu, Misyanto mengatakan, sekarang petani yang terdiri dari dua puluh kelompok tani sudah menanam untuk yang ketiga kalinya.

“Penanaman pertama dan kedua gagal panen akibat banjir. Sedangkan penanaman ketiga ini kami mengalami gagal panen akibat serangan hama tikus. Akibat gagal panen, petani mengalami kerugian ratusan juta,” kata Misyanto, Kamis (2/2/2017).

Diakui, petani meminta perhatian pemerintah untuk mengatasi permasalahan gagal panen ini. Baik berupa bantuan pembibitan maupun, pembasmian hama tikus.

Dari informasi yang diterima, Dinas Ketahanan Pangan dan Perkebunan Rohil akan segera turun kelapangan mencari solusi dari permasalahan ini. Agar penyerangan padi oleh hama tikus tidak berlangsung lama.

Sebab tikus tidak saja terjadi Kepenghuluan Baganjawa, tetapi juga sudah menyebar kedaerah lain. Namun yang terparah adalah didaerah ini.

“Saya meminta kepada petani untuk tetap bersabar. Karena gagal panen ini terjadi akibat bencana alam. Namun saya terus mendorong petani untuk terus melakukan penanaman kembali, mudah-mudahan panen nanti bisa berhasil,” ujar Misyanto. (ded)