Pantai Selat Baru Pantai Terindah Kedua di Bengkalis

Pantai Selat Baru Bengkalis

Bengkalis (Nadariau.com) – Pantai Selat Baru merupakan pantai terindah kedua di Bengkalis setelah Pantai Rupat Utara. Nama Pantai Selat Baru sendiri diambil dari nama desa dimana pantai ini berada, Desa Selat Baru, yang juga menjadi Ibukota Kecamatan Bantan. Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menjadikan pantai tersebut sebagai salah satu objek wisata andalan. Terbukti di kawasan itu digelar pesta pantai setiap tahunnya. Pada event tersebut diadakan berbagai perlombaan, seperti lomba perahu jong, gasing, dan layang-layang. Pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai atraksi kesenian dan budaya tradisional daerah setempat.

Selain terkenal dengan wisata daratnya, Riau juga dikenal dengan berbagai objek wisata di kawasan pesisir. Dengan garis pantai mencapai 1.200 kilometer, sudah tentu Riau memiliki potensi pesisir yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Selat Baru

Sesuai dengan namanya, pantai ini terletak di Desa Selat Baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. Pantai yang memiliki hamparan pasir yang landai dan halus ini memiliki panjang sekitar 2 kilometer dengan jarak sekitar 200 meter dari bibir pantai.

Tak heran, jika Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkalis sering mengadakan event-event khas pesisir seperti lomba perahu jong, gasing, layang-layang dan masih banyak lagi.

Wisatawan yang datang ke pantai ini biasanya akan melakukan beberapa aktivitas, seperti berjemur, berselancar, berenang bahkan memancing. Pantai ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti toilet umum, musholla, hingga penjual makanan.

Soal makanan, Pantai Selat Baru juga terkenal dengan salah satu panganan seafood, yakni lokan. Lokan merupakan salah satu jenis kerang-kerangan yang hidup di dalam pasir atau lumpur di pantai.

Di kawasan Pantai ini juga terdapat sebuah pelabuhan Internasional yang bernama Pelabuhan Selat Baru. Pelabuhan yang menghubungkan beberapa wilayah Kepulauan Riau (Kepri) dan Malaysia ini merupakan salah satu pelabuhan tersibuk dan terpenting bagi kelancaran arus transportasi di sana.

Bagi Anda yang berminat untuk berwisata pantai indah ini, Anda dapat menggunakan trasportasi darat dan air. Khusus bagi Anda yang berdomisili di Pekanbaru, Anda dapat menggunakan transportasi air dengan menggunakan speedboat mengarungi sungai Siak dan tiba di Pelabuhan Bengkalis. Jarak tempuhnya sekitar 5 jam.

Sedangan bagi anda yang menggunakan transportasi darat, dapat menggunakan bus melewati jalur lintas timur Sumatra. Sesampainya di Sungai Pakning, Anda bisa menaiki kapal ferry menuju Bengkalis. Untuk estimasi waktunya sendiri sekitar 4-5 jam, tergantung keadaan lalu lintas dan kecepatan kendaraan anda. (***)