Riau Akan Gelar Nasional Halal Fair 2023

Pekanbaru (Nadariau.com) – Provinsi Riau menjadi salah satu dari delapan provinsi se Indonesia yang akan diselenggarakannya kegiatan Nasional Halal Fair 2023, yang ditaja oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Adapun delapan provinsi tempat pelaksanaan National Halal Fair 2023 adalah Provinsi Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Provinsi Kalimantan Selatan, Lampung, Sulawesi Selatan, dan Provinsi Riau.

Untuk di Riau sendiri, National Halal Fair 2023 akan dilakukan di beberapa tempat, yakni Ramadhan Fair mulai tanggal 7-23 April di Living World Pekanbaru, Ramadhan Super tanggal 27 Maret – 23 April di AERO Sport Simpang Tiga.

Kemudian, Bazaar Ramadhan Simpang Tiga dilaksanakan pada tanggal 23 Maret – 22 April yang berlokasi di Kantor Camat Bukit Raya, Pasar Ramadhan Masjid Raya mulai tanggal 23 Maret sampai 22 April di Halaman Masjid Raya Pekanbaru.

Semarak Ramadhan 25 Maret sampai 20 April 2023 berlokasi di Masjid Agung An-Nur, serta Bazar Ramadhan Pedagang Kaki Lima mulai tanggal 25 Maret – 20 April 2023 berlokasi di 11 kecamatan di Kota Pekanbaru.

Direktur Infrastruktur Ekosistem KNEKS, Sutan Emir Hidayat menyampaikan National Halal Fair merupakan acara yang dilakukan secara serentak di delapan provinsi pada bulan Ramadhan.

“National Halal Fair menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah (Eksyar) di daerah,” katanyakatanya,  dalam press conference National Halal Fair 2023, Selasa (21/3/23).

Sutan Emir Hidayat menjelaskan, peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha.

Dia mengatakan, kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5 persen, dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Oleh karena itu jelasnya, dengan adanya data tersebut KNEKS beserta stakeholders membuat kegiatan National Halal Fair yang menjadi salah satu solusi untuk para pelaku usaha kecil menengah dalam mengenal produk UMKM kepada masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat melalui pendayagunaan UMKM dan mempererat silaturrahim di bulan suci Ramadhan,” tutupnya.(mcr/sony)