Editor:Indra Jaya | Senin, 08 Januari 2018 Pukul 20:56:46 Wib,

Istana Siak di Provinsi Riau Terbakar Senja Tadi

,
Istana Siak di Provinsi Riau Terbakar Senja Tadi Keterangan Foto: Aset dalam istana siak tampak terbakar dan tidak utuh lagi.

Siak (Nadariau.com) – Senja tadi, Istana Siak yang merupakan cagar budaya masyarakat Suku Melayu Provinsi Riau terbakar, Senin (08/01/2017) sore). Sementara penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti.

Untuk api cepat dipadamkan sehingga benda situs budaya yang ada dalam istana  banyak hangus terbakar.

Seperti patung para raja beserta pemangku kerajaan, benda benda peninggalan raja, gorden dan banyak lagi tampak sudah tidak utuh lagi.

Mendapat informasi Istana Siak terbakar ini, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman langsung terkejut. Antara percaya dan tidak percaya. Apalagi masa politik ini sangat banyak terjadi diluar dugaan.

Untuk memastikan kebenaran itu, beliau diperlihatkan foto-foto bukti istana terbakar. Setelah itu baru gubernur mempercayainya.

“Saya sungguh saya terkaget mendapat laporan adanya peristiwa dugaan pembakaran Aset Istana Siak Sri Indrapura di Kabupaten Siak. Maka tak ada solusi lain, kecuali proses hukum. Kita minta rekan kepolisian untuk bergerak cepat mengusut tuntas dan mengungkap semua motif yang menyertainya,” tegas Arsyajuliandi.

Bagi gubernur, sungguh dugaan pembakaran ini merupakan tindak kejahatan yang keterlaluan. Sebab Istana Siak merupakan aset cagar budaya masyarakat yang berharga.

Aset ini bukan saja warisan untuk orang Siak, tapi juga warga seluruh Riau. Bahkan milik rakyat Indonesia.

“Saya atas nama Gubernur Riau, yakin dan percaya, rekan kepolisian bisa dengan cepat mengungkap ini semua. Sehingga semuanya menjadi terang benderang. Tapi tetap butuh dukungan kita semua juga, Aamiiin...,” harap Arsyadjuliandi.

Hal senada juga dikatakan Bupati Siak, Syamsuar. Ia sangat mengutuk keras atas indikasi perbuatan disengaja melakukan pembakaran Istana Siak.

Bahkan, dia juga sudah meminta tolong kepada pihak kepolisian, jika ada unsur sengaja agar dapat mengungkap kasus ini hingga tuntas.

Syamsuar berharap tersangka pelaku dapat segera ditangkap dan bilamana memang ada indikasi kesengajaan ingin merusak salah satu warisan budaya milik Indonesia ini. Kiranya tersangka pelaku dapat diberi hukuman yang setimpal.

Dihimbau kepada seluruh masyarakat Siak, khususnya masyarakat Riau, jika ada oknum yang diindikasi sengaja membakar Istana Siak Asserayah Hasyimiah. Saya sangat mengutuk tindakan biadab dan tidak terpuji ini. Saya juga telah berkoordinasi dengan semua jajaran terkait, termasuk pihak kepolisian, untuk segera mengusut kejadian ini dengan tunta,” tegas Syamsuar dengan emosi. (sur)


Akses nadariau.com Via Mobile m.nadariau.com
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA