Editor:Indra Jaya | Ahad, 07 Januari 2018 Pukul 14:55:23 Wib,

Kapan Gubernur Riau Mulai Cuti Pilgubri ?

,
Kapan Gubernur Riau Mulai Cuti Pilgubri ? Keterangan Foto: Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman

Pekanbaru (Nadariau.com) - Jika Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman lolos mengikuti Pemilihan Gubernur (Pilgubri) 2018, maka ia harus cuti dari jabatan sekarang sebagai Gubernur.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemerintah Provinsi Riau, Sudarman, menjelaskan Arsyadjuliandi akan mulai cuti pada 15 Februari sampai dengan 23 Juni 2018.

"Sementara pengajuan cuti akan dilaksanakan setelah pendaftaran nanti di KPU Riau. Sebab pengajuan cuti kepada Mendagri paling lambat tujuh hari sebelum jadwal ditetapkan," kata Sudarman, Minggu (07/01/2018).

Berdasarkan jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah pendaftaran calon dimulai tanggal 8-10 Januari. Kemudian, masa kampanye dimulai sejak 15-23 Juni.

Untuk tingkat Bupati atau Wali Kota nantinya permohonan cuti dapat dilayangkan kepada Gubernur Riau, yang mewakili Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) di Daerah.

Meski demikian sampai saat ini, Bupati yang ikut mencalonkan diri dalam pemilihan Kepala Daerah belum mengajukan permohonan cuti. Mungkin para kepala daerah menunggu hasil keputusan dari KPU untuk lolos dalam pencalonan.

Disisi lain, terkait dengan penggunaan fasitas, nantinya kepala daerah tidak diperkenankan menikmati fasilitas tersebut karena cuti tersebut adalah cuti diluar tanggungan. Sementara tunjangan jabatan tetap dapat. Seperti beras dan lain-lain.

Sesuati Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permedagri) 74 Tahun 2016 tentang cuti diluar tanggungan negara disebutkan bahwa kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang maju pada Pilkada menjalani cuti di luar tanggungan negara.

Selama cuti kampanye, berdasarkan Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, secara otomatis jabatan Gubernur Riau sebagai kepala daerah nantinya otomatis akan digantikan oleh Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim sebagai Pelaksana Tugas (Plt). (mkl)


Akses nadariau.com Via Mobile m.nadariau.com
BERITA TERKAIT
  • Anggota DPRD Bengkalis Misran di PAW Mantan Kades
    Senin, 06 Maret 2017 - 14:20:38

    Anggota DPRD Bengkalis Misran di PAW Mantan Kades

    Bengkalis (nadariau) - Calon Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Bengkalis dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dari Daerah P.
  • Firdaus di Pekanbaru dan Aziz di Kampar Unggul
    Kamis, 16 Februari 2017 - 19:09:26
    Hasil Hitungan Sementara

    Firdaus di Pekanbaru dan Aziz di Kampar Unggul

    Pekanbaru (nadariau) - Berdasarkan hitungan sementara, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pekanbaru masih diungguli oleh pasangan Fird.
  • BP2D DPRD Riau Sampaikan Raperda Ketahanan Pangan
    Kamis, 07 September 2017 - 21:41:46

    BP2D DPRD Riau Sampaikan Raperda Ketahanan Pangan

    Pekanbaru (nadariau.com) - Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D) DPRD Riau menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi atas Raperda Pr.
  • Hanura Pecat OSO Jadi Ketum
    Senin, 15 Januari 2018 - 15:28:46

    Hanura Pecat OSO Jadi Ketum

    Jakarta (Nadariau.com) - Suatu keputusan yang mengejutkan, dimana sedang akan dimulai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Partai Hati .
  • Kenapa PKB Belum Umumkan Dukungan Calon Gubri ?
    Senin, 08 Januari 2018 - 15:03:59

    Kenapa PKB Belum Umumkan Dukungan Calon Gubri ?

    Pekanbaru (Nadariau.com) - Meski sudah mulai dibuka keran pendaftaran oleh Komisione Pemilihan Umum (KPU) Riau, namun kenapa Partai kebangkita.
  • Komisioner KPID dan KI Sudah Diumumkan DPRD Riau
    Selasa, 07 Maret 2017 - 14:51:02

    Komisioner KPID dan KI Sudah Diumumkan DPRD Riau

    Pekanbaru (nadariau) - Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dan Komisi Informasi (KI) terpilih telah diumumkan oleh DPRD melalui.
BERITA LAINNYA