Editor:Indra Jaya | Sabtu, 30 September 2017 Pukul 16:57:05 Wib,

DPRD Peduli

Markarius Anwar Taja Pelatihan Keluarga Sejahtera di Pelalawan

,
Markarius Anwar Taja Pelatihan Keluarga Sejahtera di Pelalawan Keterangan Foto: Peserta pelatihan berfoto bersama Balon Gubernur Riau.



 

Pelalawan (nadariau.com) - Setiap wakil rakyat pasti peduli terhadap rakyatnya, agar hidup sejahtera, makmur, aman dan damai. Itu lah yang dilakukan Markarius Anwar, Anggota DPRD Riau Daerah Pemilihan (Dapil) Siak-Pelalawan terhadap rakyatnya.

Salah satu upaya peningkatan kesejahteraan rakyat, Markarius menaja pelatihan terhadap ibu-ibu rumah tangga untuk dapat mengelola keuangan keluarga dengan baik. Sehingga pengeluaran sedikit setiap bulan.

Caranya, Markarius melatih keterampilan ibu-ibu memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk bertanam sayur mayur melalui sistem hidroponik.

Dengan cara ini diharapkan dapat membantu menambah penghasilan rumah tangga. Setidak-tidaknya mampu menyediakan sumber makanan sendiri di rumah tanpa perlu keluar uang lagi.

"Acara ini sengaja saya taja, sebagai wujud perhatian saya selaku anggota dewan Dapil Pelalawan dan Siak kepada konstituen. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi ibu-ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan keluarga," kata Markarius baru baru ini.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Alhuda Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau. Dihadiri oleh lebih 300 orang peserta, mayoritas ibu-ibu rumah tangga.

Sementara pemberi materi yaitu Markarius Anwar, ST, MSc. H Hendry Munief, MBA, dengan materi manajemen ekonomi keluarga dan Nasihin, SP, materinya pelatihan bercocok tanam hydroponik.

"Kegiatan ini sangat penting bagi ibu-ibu rumah tangga untuk membantu ekonomi keluarga, dalam mengurangi pengeluaran dan meningkatkan kesejahteraan keluarga," jelas Markarius.

Sementara H Hendry Munief, MBA, yang juga Bakal Calon (Balon) Gubernur Riau dari PKS ini memberikan materi "manajemen amplop", untuk mengelola keuangan keluarga.

Ibu-ibu sebagai manajer keuangan di rumah tangga, diharapkan dapat menerapkan sistem ini. Sehingga bisa mengalokasikan keuangannya berdasarkan prioritas.

"Ibu-ibu harus bisa memanfaatkan lingkungan untuk membantu kebutuhan sehari hari. Salah satunya dengan menanam sayur mayur. Sehingga tidak lagi membeli ke warung," kata Ketua DPW PKS Riau itu.

Acara ini mendapat sambutan yang antusias dari peserta. Mereka merasakan persoalan yang dialami selama ini dapat solusinya dari acara ini.

Salah seorang peserta Hj Etty, mengaku telah mendapatkan ilmu baru, melalui bercocok tanam melalui sistim hidroponik. Karena pelatihannya sangat berhubungan dengan kewajiban ibu-ibu setiap hari dirumah.

Diakui, kadang ibu-ibu tidak tau mengatur keuangan keluarga secara baik. Namun berkat pelatihan itu, ternyata pengelolaan keuangannya sangat praktis dan mufah diterapkan.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Apalagi kegiatan ini sangat istimewa sekali, karena diisi oleh Bakal Calon Pemimpin Riau pak Hendry Munif," kata Hj Etty dengan wajah senang. (rsn)


Akses nadariau.com Via Mobile m.nadariau.com
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA