Warga Negara Thailand Kuliah di Unilak

Mahasiswi Unilak dari Tailand memperlihatkan kartu mahasiswi Unilak. Sebanyak 10 pelajar Thailand kuliah di Unilak.

Pekanbaru (nadariau.com) – Sebanyak 10 orang warga dari Pattani negara Thailand kuliah di Universitas Lancang Kunnig (Unilak) Riau, tahun ajaran 2017. Acara penyambutan ini langsung dilakukan Rektor Unilak melalui Wakil Rektor I Dr Junaidi MHum.

Dalam acara penyambutan ini, tampak hadir diantaranya Dekan fakultas Ilmu Budaya dan beberapa dosen di gedung Rektorat lantai III Unilak, Kamis, (08/09/2017).

Wakil Rektor I Unilak, Dr Junaidi mengatakan, 10 orang warga ini telah resmi kuliah di Unilak dan telah menerima kartu mahasiswa.

Di Unilak, sebanyak 7 mahasiswa akan belajar di Prodi Sastra Melayu di Fakutas Ilmu Budaya. Dan 3 orang lagi akan belajar di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di FKIP.

“Allhamdulillah mereka telah resmi kuliah di Unilak. Sementara mereka kuliah di Unilak tidak dikenakan SPP, biaya ujian dan lainnya. Karena mereka ini masuk sebagai  mahasiswa reguler,” kata Dr Junaidi.

Junaidi menambahkan bahwa selama di Unilak para mahasiswa ini, diharapkan dapat bergaul dan bersosialisasi baik dilingkungan kampus, bersama mahasiswa dan dosen. Maupuan bersama masyarakat sekitar Unilak.

Tidak itu saja, nantinya Unilak akan memberikan kursus bahasa Indonesia kepada sepuluh mahasiswa Thailand ini. Kesepuluh mahasiswa Thailand juga berkewajiban memberikan kursus bahasa Pattani ataupun Thailand kepada mahasiswa Unilak.

Pemberian kursus bahasa Indonesia ini diharapkan dapat membantu para pelajar Thailand. Untuk dapat dengan cepat beradaptasi dilingkungan kampus dan masyarakat sekitar Unilak.

“Dan mereka juga akan bergabung dengan mahasiswa lainnya, saat pengenalan mahasiswa baru yang akan berlangsung  hari Jum’at, Sabtu dan Minggu ini,” Ujar Dr Junaidi.

Nuraini salah satu mahasiswi Thailand yang kuliah di Unilak mengatakan, ia merasa senang dapat kuliah disini. Karena ia melihat banyak kesamaan masyarakat Pekanbaru dengan Pattani. Baik warna kulit dan bahasa melayu seperti dirumah sendiri.

Di Unilak saya  mengambil jurusan Bahasa Inggris di FKIP. Dari kawan-kawan yang sudah duluan tinggal di Pekanbaru inilah ia dapat Informasi soal Unilak. Yang merupakan perguruan tinggi yang bagus.

“Di akhir pertemuan Junaidi juga menyerahkan kartu mahasiwa Unilak kepada sepuluh pelajar Thailand dan melakukan foto bersama.(wid)