Editor:Indra Jaya | Selasa, 08 Agustus 2017 Pukul 18:47:34 Wib,

Menghadiri Tradisi Adat Pacu Itiak

Kunjungan Mr. Indonesia Riau-Sumbar ke Luhak 50 Kota Payakumbuh

,
Kunjungan Mr. Indonesia Riau-Sumbar ke Luhak 50 Kota Payakumbuh Keterangan Foto: Mr. Indonesia Riau dan Sumbar 2017, bersama Wakil Bupati 50 Kota dan Ketua Porti di Gelanggang Pacu Itiak.

 

Penulis : Rivaldo Nurjemi Putra / Mr. Indonesia Riau 2017
Editor    : Indra Jaya

Payakumbuh - Tiga orang Mr. Indonesia Riau 2017 yang didampingi oleh Mr. Indonesia Friendship Sumbar 2017 Tito Marselino memenuhi undangan dari Wakil Bupati 50 Kota, Ferizal Ridwan SSos di Kabupaten Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat.

Undangan ini dalam rangka menghadiri acara tradisi adat, permainan anak nagari Pacu Itiak, pada tanggal 28 Juli 2017. Kegiatan ini, sudah menjadi agenda tahunan dan selalu diselenggarakan dengan meriah.  

Tiga MR.Indonesia Riau 2017 tersebut adalah Mr. Indonesia RU 4th Riau 2017, Taufik Sujadmiko, Mr. Indonesia Favorite Riau 2017 Rivaldo Nurjemi Putra dan Mr. Indonesia Intelegensia Riau 2017 Anugrah Haryendes

Sesampai di rumah kediaman Wakil Bupati, para Mr. Indonesia Riau dan Sumbar 2017 langsung memberikan oleh-oleh khas Riau. Berupa Nenas, Keripik Nenas dan Bolu Kambojo.

Ferizal Ridwan selaku Wakil Bupati 50 Kota, menerima pemberian Mr. Indonesia Riau dan Sumbar 2017 dengan senang hati. Karena beliau sangat suka dengan jenis makanan khas Riau.

Setelah dari rumah kediaman Wakil Bupati, para Mr. Indonesia Riau dan Sumbar 2017 diajak menuju Gelanggang Pacu Itiak di Nagari Tanjung Haro, Sikabu, Padang Panjang, tepatnya di Jorong Tanjung Haro Kecamatan Luak, Kabupaten 50 Kota Sumbar.

Sesampainya disana, Mr. Indonesia Riau dan Sumbar 2017 disambut dengan hangat oleh masyarakat dan pejabat setempat. Yaitu Ketua DPRD, Kapolresta, Inyiak Datuk, dan Ketua Persatuan Olahraga Terbang Itiak (Porti) 50 Koto Payakumbuh.

Tradisi Pacu Itiak, sudah menjadi kegiatan tahunan di kalender Pemda 50 kota dan Kota Payakumbuh. Selain itu Pacu Itiak merupakan salah satu ikon Luhak 50, dibawah naungan Porti.

Setelah itu  Mr. Indonesia Riau dan Sumbar 2017, dijamu dan disuguhi hidangan makanan khas daerah setempat. Yaitu sampadeh itiak lado hijau oleh masyakararat setempat.

Sembari menikmati hidangan, Inyiak Datuk (Pemangku Adat) menceritakan asal usul atau ciri ciri itiak terbang yang mempunyai ciri khas dan keunikkan tersendiri. Seperti diperhatikan, warna paruh dan kakinya sama, berat badan harus ringan.

Serta mempunyai satu helai bulu yang berbeda di sayap. Dan banyak lagi keunikkan untuk itiak terbang tersebut, yang tidak dimiliki oleh itiak-itiak lainnya.


Akses nadariau.com Via Mobile m.nadariau.com
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA