Editor:Indra Jaya | Rabu, 17 Mei 2017 Pukul 19:34:24 Wib,

Pertama di Indonesia

Pekab Bengkalis Gelar Diklat Kepala Dusun

,
Pekab Bengkalis Gelar Diklat Kepala Dusun Keterangan Foto: Pemkab Bengkali gelar Diklat kepala dusun, guna peningkatan kemampuan dan kapasitas dalam membangun daerah.



 

Bengkalis (nadariau.com) - Guna pencapaian tujuan otonomi daerah dan pemberdayaan Desa, perlu didukung oleh kemampuan atau kapasitas aparatur Pemerintahan Desa, dalam mewujudkan otonomi Desa dan prinsip penyelenggaraan kepemerintahan yang baik (good governmance).

Kemampuan dan kapasitas tersebut harus bersumber dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Supaya dapat mewujudkan pemerataan pembangunan disetiap disetiap daerah di Kabupaten Bengkalis.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melaksanakan Diklat terhadap kepala dusun. Sementara diklat terhadap kepala dusun ini baru pertama di Indonesia.

"Peserta yang mengikuti pelatihan ini, merupakan kepala dusun pilihan dari seluruh Kabupaten Bengkalis. Melalui kegiatan tersebut, kepala dusun dapat meningkatkan kompetensi, serta dapat membangun Desa menjadi lebih baik kedepannya," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bengkalis, Arianto, di lantai IV kantor Bupati Bengkalis, Rabu (17/05/2017).

Arianto menjelaskan kepala dusun merupakan bagian dari aparatur pemerintahan yang berfungsi untuk menyelenggarakan pemerintahan desa di wilayah dusun. Dan harus memiliki kapasitas yang memadai agar dapat secara optimal  menjalankan tugas dan fungsinya.

Kepala dusun berkedudukan sebagai unsur satuan tugas di dusun yang bertugas membantu Kepala Desa dalam pelaksanaan tugas di wilayahnya.

Salah satu upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah. Juga upaya pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

"Diharapkan kreatifitas dan inovasi dari para aparatur penyelenggara Pemerintahan Desa khususnya Kadus harus semakin ditingkatkan. Sehingga dapat memaksimalkan pendayagunaan potensi-potensi yang ada di Desa untuk mewujudkan kemajuan Desa," ujar Arianto. (nto)
 


Akses nadariau.com Via Mobile m.nadariau.com
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA