Editor:Zulmiron | Sabtu, 18 Maret 2017 Pukul 16:19:11 Wib,

Kunjungan Turis ke Riau Ditargetkan 1 Juta tiap Tahun

Gubri: Kita Harus Bekerja Lebih Keras Lagi

,
Gubri: Kita Harus Bekerja Lebih Keras Lagi Keterangan Foto: Gubri, Menpar RI saat Lounching Calendar of Event Riau 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar RI Jakarta, kemarin.Ft;Humas Pemprov Riau



 

Pekanbaru (nadariau) - Kunjungan wisatawan ke Provinsi Riau ditargetkan 1 juta setiap tahunnya. Target ini tidak terlepas dari event=event budaya yang ramai dikunjungi wisatawan asing dalam beberapa tahun terakhir.

"Pak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meminta Pemprov Riau untuk menargetkan 1 juta wisatawan mancanegara per tahun. Awalnya kita mencanangkan seratus ribu saja sudah cukup. Itu artinya, kita harus bekerja lebih keras lagi," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat Lounching Calendar of Event Riau 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar RI, Jakarta, kemarin.

Untuk mewujudkan target besar 1 juta turis asing per tahun itu, kata Gubri, ada beberapa langkah yang akan dilaksanakan. Yaitu perbaikan infrastruktur, meningkatkan sumber daya manusia di daerah destinasi serta inovasi di industri kreatif dan kuliner.

"Seperti yang saya katakan dalam pembukaan Musrenbang,  kita akan bersinergi secara vertikal dan horizontal, untuk bisa meringankan kerja kita,  jadi target yang diberikan akan diusahakan untuk bisa tercapai semaksimal mungkin.  Sebab Riau sangat diuntungkan karna letaknya sangat strategis dan dekat dengan negara tetangga,  untuk itu kita perlu kerja keras sera bersinergi bersama untuk mencapai target tersebut," ungkap pria yang akrab disapa Andi Rachman ini.

Saat ini, kata Gubri, Riau memiliki sejumlah destinasi dan event wisata yang tengah naik daun. Beberapa contoh event budaya tahunan unggulan antara lain tradisi bakar tongkang di Kabupaten Rohil), Pacu Jalur di Kuantan Singingi (Kuansing), Zapin Api di Bengkalis), Mandi Cian Cui di Meranti) dan Tradisi Manongkah Suku Duano di Indragiri Hilir (Inhil).

''Wisata religi dan sejarah di Riau juga sedangkan kita kembangkan seperti Kawasan Kota Tua Senapelan Pekanbaru, Islamic Center Rohul,  Benteng Tujuh Lapis, Masjid Raya Pekanbaru, Istana Siak dan Candi Muara Takus di Kampar). Sementara wisata alam, Riau mengandalkan pesona eksotik pulau Rupat di Bengkalis, Taman Nasional Zamrud di Siak, Taman Nasional Rimbang Baling di Kampar dan Ombak Bono di Pelalawan, Air Terjun di Kampar, Kuansing dan Rohul serta Inhu, Taman Hutan Mangrove di Siak, Eco Wisata Buluh Cina di Kampar dan Danau Arang di Indragiri Hulu (Inhu),'' paparnya.(rls)


Akses nadariau.com Via Mobile m.nadariau.com
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA