Editor:Indra Jaya | Sabtu, 04 Maret 2017 Pukul 14:26:40 Wib,

Ketua DPRD Riau: Jangan Ada Korban Akibat Banjir

,
Ketua DPRD Riau: Jangan Ada Korban Akibat Banjir Keterangan Foto: TNI yang tergabung tim penyelamatan korban banjir menyelematkan warga terjebak dalam bencana banjir di Kampar.



 

Pekanbaru (nadariau) - Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak terkait untuk dapat segera merelokasi korban banjir. Agar tidak ada jatuh korban akibat banjir sekarang.

Berkemungkinan banjir akan lama surut, karena tingkat curah hujan sampai sekarang masing tinggi. Jadi, jika ada masyarakat yang ingin bertahan menjaga harta benda dirumah, sebaiknya jangan dibiarkan.

"Sebab bisa jadi, ketinggian air akan naik. Sehingga dapat mengancam keselamatan nyawa mereka. Sekarang BPBD dan pihak terkait harus bekerja keras untuk menyelematkan warga dari kepungan banjir," kata Septina kepada wartawan, Sabtu (04/03/2017).

Kepada Pihak pemerintahan, Septina meminta agar bisa menyiapkan persiapan logitik. Baik bidang makanan, tenda dan alat kesehatan. Sebab akibat cuaca dan udara yang ekstrim memudahkan korban banjir maupun pihak tenaga penyelamatan terserang penyakit.

Untuk itu, pemerintah harus benar-benar fokus mengatasi permasalahan banjir yang melanda puluhan desa di Provinsi Riau. Masalah ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena masalah tersebut berhubungan dengan nyawa manusia dan harta benda masyarakat.

Termasuk, pemerintah harus mengawasi harga pasar, agar tidak naik melebihi batas kemampuan masyarakat. Sebab selama ini sumber pasokkan sayur dan barang Sembako paling besar untuk Riau adalah dari Sumatera Barat. Namun karena jalan putus serta direndam banjir, maka pedagang lokal akan menjual barang dengan harga tinggi.

"Maka pemerintah harus bekerja ekstra cepat untuk penyelesaian permasalahan ini. Agar derita yang dialami sebagian maysarakat Riau tidak terlalu berat dirasakan. Jadi pemerintah harus bekerja sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) agar semuanya bisa berjalan sesuai diinginkan masyarakat," jelas Septina. (ind)


Akses nadariau.com Via Mobile m.nadariau.com
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA