Jumat, Mei 24, 2024
BerandaHeadlineDiselipkan ke Dalam Helm, Polresta Pekanbaru Gagalkan Upaya Penyelundupan Sabu ke Masamba

Diselipkan ke Dalam Helm, Polresta Pekanbaru Gagalkan Upaya Penyelundupan Sabu ke Masamba

Pekanbaru (Nadariua.com) – Tim Opsnal Satresnarkoba Polresta Pekanbaru dibawah pimpinan Wakasat Res Narkoba, AKP Noki Loviko, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 200 gram sabu ke Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan melalui jaksa ekpedisi dari Pekanbaru melalui Bandara Sultan Syarif Kasil (SSK) II dengan modus menyelipkan sabu kedalam helm.

Dalam pengungkapan tersebut petugas berhasil mengamankan seorang tersangka berinisial WK (28) yang berperan sebagai penjemput paket sabu tersebut di daerah Masamba.

Kasat Narkoba Polresta Pekanbaru, Kompol Manapar Situmeang saat dikonfirmasi wartawan melalui Wasat Res Narkoba, AKP Noki Loviko mengatakan, tersangka berhasil diamankan petugas saat menjemput paket yang berisi 200 gram di salah satu jasa ekspedisi di Masamba.

“Paket itu dikirim dari Pekanbaru tujuan Masamba Sulawesi Selatan. Saat itu kami langsung berangkat ke Masamba untuk menyelidiki dan menangkap penerima paket tersebut dengan menempuh perjalanan selama 12 Jam,” kata AKP Noki, Rabu (15/05/2024).

Saat diintrogasi, tambah AKP Noki, tersangka mengaku diperintahkan untuk menjemput Sabu oleh seseorang bernama R Sabubitu.

“Sementara sabu tersebut dikirim oleh seseorang berinisial A dari Kabupaten Rokan Hulu, Riau melalui jasa ekspedisi. Keduanya kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO),” kata Wakasat.

AKP Noki menjelaskan, upaya penyelundupan sabu tersebut diketahui saat tim opsnal mendapat informasi dari petugas Avaseq Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru yang mengatakan bahwa di gudang kargo Bandara SSK II terdapat paket helm yang berisikan narkoba jenis sabu.

“Dari infoasi tersebut kami langsung melakukan control delivery ke alamat yang dituju dalam paket tersebut,” kata AKP Noki.

Sesampai di Masamba, pihaknya langsung menuju gudang ekspedisi disana. Tak lama menunggu, datang dua orang pria menjeput paket tersebut.

“Melihat hal itu kami langsung menangkap tersangka WK, namun satu temannya inisiar R berhasil kabur dan ditetapkan jadi DPO,” ujar AKP Noki.

Tersangka WK ditangkap pada Rabu (24/04/2024) siang lalu, sekira pukul 13.00 WITA di wilayah Kelurahan Bone, Sulsel. Tersangka WK diamankan pada saat akan mengambil paket yang berisikan sabu dalam helm warna hijau. Setelah digeledah, di dalamnya helm ditemukan dua paket sedang narkotika jenis sabu dengan berat kotor 202 gram.

Setelah ditangkap, WK kemudian dibawa ke Pekanbaru menggunakan pesawat komersil untuk penyidikan lebih lanjut.

“Atas perbuatannya tersangka WK kita dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 junto Pasal 112 ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman diatas 5 tahun penjara,” tutup AKP Noki.(sony)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Populer