Kamis, April 25, 2024
BerandaHeadlinePuncak Ramadhan Ceria, UMRI Santuni 1.500 Dhuafa dan 200 Anak Yatim

Puncak Ramadhan Ceria, UMRI Santuni 1.500 Dhuafa dan 200 Anak Yatim

Pekanbaru (Nadariau.com) – Acara puncak dari rangkaian kegiatan Ramadhan Ceria 1445 H, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menyerahkan santunan kepada 1.500 orang kaum dhuafa dan 200 orang anak yatim, di halaman Kampus UMRI Jalan Tuanku Tambusai (Disamping Mall SKA), Pekanbaru, Selasa (2/4/2024) jelang buka puasa bersama.

Dalam acara ini turut hadir para tokoh Riau, seperti Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, mantan gubernur Riau Saleh Djasit, Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau dan sejumlah donatur dan para undangan. Acara ini dilanjutkan berbuka puasa bersama dan ceramah oleh Ustaz Abdul Somad.

Rektor UMRI Dr Saidul Amin MA dalam menyampaikan, dalam kegiatan ini pihaknya mengundang 1.500 dhuafa dan fakir miskin serta 200 anak yatim piatu. Dia berharap, semua yang hadir mau mendoakan UMRI agar menjadi perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara.

Saat ini UMRI sedang dalam pembangunan gedung Tajdid Center, yang dananya berasal dari wakaf masyarakat. Kemudian dalam waktu dekat UMRI juga akan memiliki
Fakultas Kedokteran karena baru ada 2 Fakultas Kedokteran di Riau.

“Saat ini UMRI memiliki 11 ribu mahasiswa yang tersebar di delapan fakultas. Sementara, Fakultas Kedokteran sudah mendapat rekomendasi dari Dirjen Dikti dan tinggal menunggu surat keputusan (SK). Namun, jika dibanding dengan Sumatera Utara, Riau setidaknya memiliki lima Fakultas Kedokteran. Namun nyatanya, saat ini baru ada di dua perguruan tinggi,” kata Saidul Amin.

Wakil Ketua I Baznas Riau, Dr Yahanan menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemprov Riau dalam meningkatnya jumlah zakat. Dimana, jumlah zakat yang terkumpul terus naik setiap tahun.

Di tahun 2022, keluar edaran dari Pemprov terkait zakat sehingga terkumpul Rp 32 miliar. Dia merasa, tanpa dukungan dari Pemprov Riau, pengumpulan zakat tak akan sebesar ini.

“Sementara, zakat yang disalurkan kepada 1.500 dhuafa ini berasal dari para ASN dan muzakki yang ada Riau. Mari kita doakan, para pemberi zakat semakin diberkahi hidupnya. Termasuk memberikan rejeki kepada para muzakki,” kata Dr Yahanan.

Selanjutnya, Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto mengatakan, setiap mahasiswa dipersiapkan menghadapi Indonesia Emas 2045. Maka pihak Pemprov siap memberikan dukungan kepada para alumni UMRI bisa bersaing di tingkat nasional.

“Mulai dari sekarang kita harus mulai mempersiapkan generasi emas untuk menghadapi tahun 2045. Kemudian, kita juga turut mendukung pembangunan gedung kampus UMRI, supaya bertambah maju kedepan,” kata SF Hariyanto. (alin)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Populer