Senin, Juli 15, 2024
BerandaHeadlineMedia di Riau Diharapkan Berperan Tangkal Hoaks Pemilu

Media di Riau Diharapkan Berperan Tangkal Hoaks Pemilu

Pekanbaru (nadariau.com) – Media massa memiliki peran besar dalam menangkal pemberitaan hoaks yang beredar di tengah masyarakat jelang pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

“(Kegiatan) Ini diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam menekan penyebaran informasi palsu atau hoaks selama masa kampanye,” kata Ketua   Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau Alnofrizal  saat membuka acara bertajuk “Efektivitas Publikasi dan Pemberitaan Menangkal Informasi Hoaks Selama Tahapan Kampanye Pemilu 2024,” di Pekanbaru, Selasa.

Ia berharap kegiatan ini dapat meminimalisir penyebaran informasi hoaks yang dapat mempengaruhi proses pemilu.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal juga menyinggung pentingnya mengaktifkan kembali grup WhatsApp “Wartawan Sahabat Bawaslu. ”  Menurutnya, penggunaan grup tersebut kurang optimal. Bahkan banyak berita yang di-share di dalamnya bukan berita yang berkaitan dengan pemilu. Alnofrizal berkomitmen untuk menghidupkan kembali grup tersebut dengan mengisi pemberitaan tentang tahapan pemilu 2024.

Komisioner Bawaslu Riau, Amiruddin Sijaya menambahkan bahwa kegiatan ini sengaja diadakan karena saat ini sudah banyak bermunculan berita bohong terkait Pilpres.

“Sudah ada (hoax), tapi lebih banyak tentang Pilpres. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat diminimalisir berita bohong atau hoax,” kata Amiruddin.

Sebelumnya Kepala Bagian Hukum, Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Bawaslu Provinsi Riau, Dona Donora mengatakan kegiatan dimaksudkan mencegah munculnya berita bohong sehingga diminta kesediaan media massa untuk menyampaikan informasi pemilu yang benar dan akurat.

“Peserta kegiatan adalah media massa di Riau sehingga diharapkan melalui kegiatan ini, akan tersiarkan berita yang benar tentang Pemilu. Karena keterbatasan, tidak semua terundang, tapi ke depan masih banyak kegiatan yang melibatkan media massa,” ujarnya.

Selain Amirudin Sijaya  Bawaslu Riau menyajikan dua pembicara kunci yaitu  Dr. Hasanuddin, seorang akademisi, dan Komisioner KPI Riau, Mario Abdillah Khoir. Keduanya memberikan wawasan mereka tentang pentingnya publikasi yang akurat dan benar dalam mendukung integritas pemilu. (bos)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Populer