Jumat, Mei 24, 2024
BerandaIndeksNasionalDukungan Aplikasi E-Tarif Dalam Pengelolaan Keuangan Homestay

Dukungan Aplikasi E-Tarif Dalam Pengelolaan Keuangan Homestay

Bandung-Nadariau.com-Tim dosen Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Dr. Majidah, S.E., M.Si. dan Dr. Cahyaningsih, S.E., M.Si., Ak., CA. berkolaborasi dengan dosen dari Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi, Fakultas Ilmu Terapan yaitu Hetti Hidayati, S.Kom., MT. untuk melaksanakan penelitian kemitraan UMKM yang didanai oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) Telkom University. Tim peneliti melibatkan peran serta mahasiswa dari kedua program studi tersebut yaitu Vevi Titania Paramita, ‘Ashriyani Fadhilah, Nanda Annisa Putri, Ihya Ainnurrohman, dan Athifah Brilianty Nurul F. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi SiTarif untuk membantu pengelola homestay dalam mencatat setiap kas yang masuk dan keluar. Selain itu, aplikasi ini juga membantu pengelola homestay untuk menetapkan tarif sewa berdasarkan harga pokok, supaya dari usaha sewa homestay tersebut pengelola dapat memperoleh keuntungan.

Sebelumnya  Dr. Cahyaningsih dan tim pembuat aplikasi SiTarif telah melakukan  uji cob penggunaan SiTarif. Tujuannya  untuk menjawab kebutuhan pengelola homestay. Para pengelola homestay sangat antusias dengan adanya Aplikasi SiTarif ini dan memberikan feedback untuk pengembangan aplikasi lebih lanjut. Pelaksanaan kegiatan penelitian ini menjadi bukti nyata dari komitmen Telkom University untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 8 yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja produktif, serta kerja layak untuk semua.

Tujuan pendirian homestay bagi setiap pemilik adalah untuk menambah sumber penghasilan dan menghasilkan keuntungan. Masih banyak pemilik homestay yang tidak mengetahui berapa keuntungan dari homestay tiap bulannya, keuangan usaha homestay bergabung dengan keuangan pribadi sehingga kas masuk dan keluar tidak tercatat dengan baik.

Paguyuban Homestay Kamojang, merupakan organisasi bagi para pemilik homestay di Dusun Kamojang, Desa Laksana, Kecamatan Ibun-Kabupaten Bandung. Paguyuban homestay baru berdiri pada tahun 2021 untuk membantu mengatasi persoalan dalam pengelolaan homestay, mengembangkan usaha secara bersama-sama sehingga dapat meminimalkan persaingan. Homestay kamojang ini dapat memfasilitasi wisatawan untuk tinggal lebih lama karena Desa Laksana memiliki banyak destinasi wisata. Destinasi wisata tersebut antara lain Kawah Kamojang, Wisata Geothermal, Konservasi Elang, Danau Ciharus, dan Kawah Manuk. Dengan banyaknya destinasi wisata, pengunjung memerlukan waktu lebih lama untuk mengunjungi destinasi tersebut sehingga dengan hadirnya paguyuban homestay Kamojang menjadi fasilitas untuk pengunjung jika ingin berwisata lebih lama.(rls).

 

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Populer