Rabu, Juni 19, 2024
BerandaHeadlineMusda Sebelumnya Tidak Sah, PD Muhammadiyah Pekanbaru Kembali Gelar Musda Minggu Besok

Musda Sebelumnya Tidak Sah, PD Muhammadiyah Pekanbaru Kembali Gelar Musda Minggu Besok

Pekanbaru (Nadariau.com) – Sebelumnya, ada sekelompok kader Muhammadiyah yang mengatasnamakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pekanbaru dengan mengadakan Musyawarah Daerah (Musda) di salah satu hotel di Pekanbaru, pada tanggal 20 Mei. Namun pihak Muhammadiyah menyatakan Musda tersebut tidak sah, karena tidak sesuai aturan persyarikatan Muhammadiyah.

Namun sekarang, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) sesuai dengan perundangan, dengan menetapkan Ketua PDM Kota Pekanbaru Jabarulah dan Sekretaris Hamdani, untuk kembali melaksanakan Musda ke-12, di Hotel Grand Suka Pekanbaru, pada tanggal 27-28 Mei 2023.

“Organisasi Muhammadiyah itu sangat tertib dan disiplin. Jadi hasil Musda sebelumnya yang ditandatangani oleh Dede Firmansyah dan Aldia Witra (mengaku sebagai Wakil Ketua dan Sekretaris PDM Kota Pekanbaru) telah dinyatakan tidak sah oleh PWM Riau,” kata Ketua PDM Pekanbaru Jabarullah, saat konferensi Pers di ruang rapat Kantor PWM Riau, Kamis (25/5/2023).

Jabarulah menjelaskan, selain Musda PDM juga akan dilaksanakan Musda Asyiyah, yang dilaksanakan di satu tempat. Penetapan jadwal ini berdasarkan surat PWM Riau Nomor: 030/II.0/A/2023 tanggal 18 Mei 2023 yang menegaskan bahwa Musda yang sah adalah Musda yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Mei 2023.

Musda ini akan dihadiri oleh PWM Riau dan diikuti sekitar 250 peserta dari utusan PCM, PRM, Ortom dan Pimpinan majelis/lembaga PDM Pekanabru.

Rangkaian kegiatan, akan diawali dengan pelaksanaan Musyawarah Pimpinan Daerah pada tanggal 27 untuk menetapkan 39 calon tetap (3x anggota PDM) dari 57 calon sementara hasil penjaringan calon anggota PDM Pekanbaru yang dilakukan oleh panitia pemilihan Musda ke-12 Muhammadiyah.

Acara Pembukaan Musda ke-12 Muhammadiyah akan dihadiri lebih kurang 500 tamu undangan yang dilaksanakan pada hari Ahad, jam 08.30 wib tanggal 28 Mei 2023 di Hotel Grand Suka.

Hari itu kegiatan akan diawali dengan kegiatan pawai ta’aruf pukul 07.00 wib mulai dari Depan RS Eka Hospital sampai dengan Hotel Grand Suka yang dikuti oleh seluruh anggota PDM, PCM, PRM, Pegawai AUM dan warga Muhammadiyah Pekanbaru.

Untuk pelaksanaan pemilihan dan penetapan 13 orang anggota dan ketua PDM Pekanbaru, akan dilkasanakan Musda ke-12 pada tanggal 28 Mei 2023 di Kampus UMRI, dengan sistem pemilihan menggunakan cara E-Voting.

Dalam rangka memeriahkan Musda ke-12, akan dilaksanakan berbagai kegiatan semarak Musda. Yaitu senam sehat, pengobatan gratis, lomba mewarnai logo Musda, Diklatsar Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), Seminar Riau Hijau dan pembagian 3000 bibit buah-buahan serta Pawai taaruf.

“PDM Kota Pekanbaru memberikan apresiasi dan terimkasih kepada seluruh PCM, Ortom dan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah se Pekanbaru yang sudah menyongsong Musda dengan partisipasi yang tinggi, mulai pemasangan bendera dan spanduk di kantor/sekolah masing-masing serta mengikuti semua rangkaian kegiatan semarak Musda yang telah dilaksanakan dengan penuh kebersamaan dan menggembirakan,” ujar Jabarulah. (alin)

 

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Populer