Di Hari Guru, Ditlantas Polda Riau Beri Bantuan Ke Rohila Guru Honorer Yang Telah Mengabdi Selama 27 Tahun

Tim dari Ditlantas Polda Riau saat memberikan bantuan sosial ke Bu Rohila. (ft: ist)

Pekanbaru (Nadariau.com) – Dihari Guru Nasional ke 77 tahun 2022, Direktur Lalulintas Polda Riau, Kombes Pol Firman Darmansyah mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada seorang guru honorer di SDN 5 Jalan Cempaka Pekanbaru yang sangat gigih dan telah mengabdi selama 27 tahun.

Menanggapi informasi tersebut, lalu pada Rabu (23/11/2022) kemaren, Kombes Pol Firman Darmansyah membentuk tim untuk mencari kebenaran informasi adanya seorang guru honorer bernama Rohila dilingkungan wilayah hukumnya yang sangat gigih dan mengabdi selama 27 tahun tersebut.

Apalagi dikabarkan, sang guru yang tinggal di Jalan Jenderal, Kelurahan Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru ini, adalah seorang janda yang memiliki dua anak dari buah perkawinannya. Dua anak yatim tersebut ia besarkan hingga saat ini.

“Tepat di Hari Guru Nasional ke-77 ini, kita sudah mencari beberapa informasi dan sudah menemukan data guru honorer ini. Alhamdulillah tidak begitu susah kita mencarinya,” kata Kombes Pol Firman.

Kombes Pol Firman menjelaskan, ibu Rohila ini mulai berdinas sebagai tenaga guru honorer sekolah yang biasa disebut guru honor komite sekolah sejak tahun 1995. Dia lalu dipindah tugaskan pada tahun 2004 ke SD Negeri 5 Pekanbaru selaku guru komite.

“Selang beberapa waktu di tahun 2006, bu Rohila diangkat sebagai guru bantu honor daerah hingga sekarang,” kata Kombes Pol Firman.

Pengabdian tugas sebagai guru honorer sudah 27 tahun hingga sekarang di jalaninya. Sebagai orang tua dan menjadi sesosok ibu sekaligus berperan sebagai ayah untuk dua orang buah hatinya.

“Bu Rohila ini sudah menjanda selama 7 tahun. Namun dia tetap tegar dan terus berjuang sendirian untuk mencukupi kebutuhan anak-anaknya sejak di tinggalkan oleh almarhum suami 7 tahun lalu. Sebenarnya dari perjalanan bu Rohila ini banyak sekali yang bisa kita petik, memberikan ilmunya tanpa batas kepada calon mutiara bangsa. 27 tahun pengabdiannya kepada negara melalui profesi mulia ini, inilah seorang ibu yang patut kita suritaulandan, dengan keadaan apa adanya, Ia semangat memberikan pengabdian kepada generasi bangsa,” kata Kombes Pol Firman.

Melihat semangat juang Ibu Rohila ini, Dirlantas Polda Riau pun sangat mengapresiasi atas pengabdiannya selama ini untuk memberikan ilmu kepada mutiara bangsa.

Diketahui bahwa, guna memenuhi kebutuhan anak-anak, bu Rohila juga buka bimbingan belajar (bimbel) usai pulang sekolah, tidak saja sore bahkan sampai malam, sesuai permintaan wali murid yang ingin bimbel bersamanya.

“Bertepatan di Hari Guru Nasional yang ke 77 ini Saya selaku Direktur Lalulintas Polda Riau dan Jajaran hanya bisa mengucapkan ribuan terima kasih kepada para guru, dan khusus untuk ibu Rohila tetap semangat, jaga kesehatan, teruslah bimbing mutiara bangsa menjadi lebih baik. Semoga dikabulkan harapan dan cita-cita ibu sekeluarga dan juga diberikan hidayah oleh Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT serta terwujudnya impian sebagai abdi negara seorang guru honorer menjadi PNS. Mohon maaf, jangan dilihat apa yang kami berikan, ini hanya sebagai buah tangan kami, semoga bantuan tali asih ini bisa memberikan dan meringankan beban bu Rohila sekeluarga, sekali lagi, kami keluarga besar Direktorat Lalulintas Polda Riau mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional,” kata Kombes Firman.

Sementara itu, ibu Rohila pun berharap, di hari Guru Nasional yang ke 77 tahun 2022 ini, dengan sisa umur pengabdiannya, bisa di angkat menjadi guru yang berstatus PNS oleh Pemerintah Daerah.

“Terima kasih Pak Dirlantas dan jajarannya, saya tak bisa berkata-kata, hanya Allah yang bisa membalas kebaikan bapak,” katanya dengan mata berkaca.(rls/sony)

 53 total views