IKA FAPERTA UIR Kembali Wakafkan Al-Qur’an ke Rumah Tahfidz

Pekanbaru (Nadariau.com) – Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Islam Riau (UIR) yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur’an (FKPQ), kembali memberikan wakaf Al-Qur’an kepada Hafidz dan Hafidzah dari 12 Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ).

Saat ini, Faperta mewakafkan sebanyak 147 Al-quran, yang sekaligus melaksanakan Wisuda Tahfidz Ke-2. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula FAPERTA UIR, pada Kamis (10/11/2011).

Sebelumnya wakaf pemberian Al-Qur’an juga telah dilaksanakan oleh IKA FAPERTA UIR pada bulan Agustus lalu dengan memberikan sebanyak 483 Al-Qur’an yang berasal dari sumbangan Alumni dan civitas akademika FAPERTA.

Ketua Panitia Wisuda Tahfidz sekaligus sebagai Ketua FKPQ Ustad Jamil, S.P., menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada IKA FAPERTA UIR yang telah memberikan dukungan penuh.  Kegiatan ini bersempena Milad Faperta UIR yang Ke-45.

“Semoga acara ini membawa keberkahan, kami sangat berterima kasih dan apresiasi begitu besar atas dukungan dari alumni Faperta sehingga kami bisa kembali melaksanakan wisuda tahfidz untuk kedua kalinya dan di support penuh,” ujar Jamil.

Hadir juga Plt Kepala Kantor Agama Pekanbaru H. Abdul Wahid, S.Ag., M.I.Kom mengatakan dalam sambutannya kampus harus menjadi tempat syiar dan dakwah islamiyah.

“Universitas khususnya universitas islam harus menjadi mercusuar dari syiar dan dakwah islamiyah di Indonesia, Dalam hal ini UIR sudah dirasa tepat dalam mendukung syiar islam dengan pelaksanaan pemberian wakaf Al-Qur’an yang di barengi dengan wisuda tahfidz sembari melaksanakan reuni akbar,” kata Abdul Wahid.

Selanjutnya, Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L. dalam sambutannya mengungkapkan dalam sambutan yang disampaikannya di usia yang ke 45 tahun FAPERTA sudah berkiprah mencetak alumni – alumni serta berkontribusi memajukan dunia pendidikan.

“Tanpa terasa 45 tahun sudah Fakultas Pertanian UIR berkiprah serta berkontribusi dalam dunia pendidikan dan telah mencetak alumni-alumni yang berprestasi dan tersebar di seluruh sektor baik pemerintahan maupun perusahaan,” ungkap Syafrinaldi.

Syafrinaldi juga menambahkan harapannya kepada para wisudawan hafidz Al-Qur’an yang di dominasi dari usia anak – anak hingga remaja tersebut dapat terus menghafal Al-Qur’an tetapi juga mengimplementasikan nilai – nilai terpuji di dalam Al-Qur’an kepada diri sendiri maupun terhadap orang disekitar.

Acara wisuda tahfidz Al Quran sekaligus pemberian wakaf berupa Al Quran merupakan salah satu dari sekian rangkaian acara bersempena Reuni Akbar dan Milad ke 45 Faperta UIR yang akan dilaksanakan selama tiga hari dimulai 10 November hingga 13 November 2022 mendatang.

Dalam rangkaian acara Milad Faperta UIR tersebut juga akan dilaksanakan Seminar Nasional sekaligus Musyawarah Besar IKA FAPERTA UIR yang berfokus membahas bidang kajian Agroteknologi, Agribisnis, dan Budidaya Perikanan dengan narasumber para alumni serta pakar pertanian yang berkompeten di bidangnya dari sisi akademisi maupun praktisi dari dalam dan luar negeri. (alin)

 31 total views