Senin, Juli 15, 2024
BerandaUncategorizedTim Saber Pungli Riau Akui Pelayanan Pemerintah Rohil Sudah Baik

Tim Saber Pungli Riau Akui Pelayanan Pemerintah Rohil Sudah Baik

Rokan Hilir, Nadariau Com – Tim gabungan satuan tugas dan sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) Provinsi Riau terdiri dari Polda Riau, Kejati Riau dan Inspektorat Riau
melaksanakan suvervisi dan klarifikasi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam rangka pelayanan dan pencegahan Pungli di Rohil, diruang rapat Kantor Bupati Rokan Hilir, Rabu (24/8/2022).

Pencegahan Pungli yang dipusatkan di ruangan Kantor Bupati itu langsung dihadiri Ketua Satgas Saber Pungli Riau Kombespol Hermansyah SH SiK beserta rombongan. Sementara itu dari Pemkab Rohil sendiri dihadiri langsung Wakil Bupati H Sulaiman, Ketua Satgas Saber Pungli Rohil Kompol Frenky Tambunan, Forkopimda Rohil, dan seluruh Kepala Dinas (OPD).

Dalam kesempatan itu, Hermansyah mengatakan bahwa kedatangan tim gabungan Satgas Saber Pungli ini sesuai dengan arahan Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi dan memastikan apakah Satgas Saber Pungli di Rohil berjalan dengan baik sekaligus mencari solusi apa saja menjadi kendala ditiap Daerah.

Dia mengaku, Hasil penilaian Ombudsman RI Rohil masih terbaik tiga tahun lalu, dengan penilaian ini menunjukkan bahwa pelayanan di Rohil sudah baik.

” Mudahan-mudahan kedepannya pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sebaiknya sehingga pelayanan prima betul-betul dirasakan oleh masyarakat,” jelas Hermansyah.

Dia menegaskan, setiap OPD yang melayani masyarakat harus dipastikan bahwa pelayanan itu betul-betul berjalan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan oleh undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Menurutnya kegiatan pelayanan itu pihaknya juga sudah melakukan sosialisasikan kepada masyarakat. Namun masih ada anggapan-anggapan masyarakat bahwa untuk mendapatkan pelayanan publik itu harus mengeluarkan uang ekstra.

“Ini kemungkinan ada pihak-pihak tertentu yang menyebarkan isu demikian sehingga dia nantinya ingin mendapatkan keuntungan dari situ untuk menjadi calo. Padahal kita semua instansi yang melayani publik itu sudah menyampaikan bahwa diharapkan masyarakat tidak memberi apapun,” terangnya.

Sementara itu Wabup Rohil H Sulaiman berharap, dengan adanya pertemuan tersebut Pemkab Rohil dan Forkompimda akan lebih bersemangat dalam menjalankan pemerintahan yang bersih dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tentu pertemuan ini sangat bermakna bagi kita. Yang pertama kita berterima kasih dengan ada acara ini kita berharap kedepannya pemerintah menerapkan pelayanan pelayanan maksimal cepat dan tepat sesuai dengan aturan dan amanat undang-undang,” harap wakil.

Dijelaskan Wabup, sebelumnya Pemkab Rohil telah menerbitkan SK tentang pembentukan Satgas Saber Pungli. Hal ini bertujuan sebagai upaya konkrit Pemkab untuk memperpendek rentang kendali pelayanan sehingga dengan cepat masyarakat dapatkan pelayanan yang bersih.

“Walaupun demikian, masih ada juga ditemui oknum-oknum nakal yang menghambat pelayanan. Ini akan terus kita pantau dan kami lakukan pembinaan,” Ungkap Sulaiman.

Usai pertemuan tersebut, Tim Satgas Saber Pungli Provinsi Riau juga turun langsung melaksanakan pemantauan pada dinas pelayanan publik seperti RSUD, Disdukcapil dan dinas pelayanan perizinan terpadu untuk memastikan pelayanan terhadap masyarakat.(Tn / Said)***

BERITA TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Populer