Wujudkan Kualitas Hidup Penderita Diabetes Melitus dan Hipertensi Secara Optimal Lewat Inovasi DM dan CT Center

INDRAGIRI HILIR, Penderita Diabetes Melitus, Hipertensi ataupun keduanya didominasi oleh pra lansia dan lansia. Usia degenerative memang rentan terhadap penyakit, hal ini didukung juga oleh pola hidup dan penyakit keturunan. Namun, tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga banyak diderita pada usia dewasa akibat dari pola hidup yang kurang baik.

Sosialisasi terkait penyakit diabetes

Data yang didapatkan di UPT Puskesmas Kuala Enok, jumlah pasien Diabetes Melitus dan Hipertensi cukup banyak, namun masih cukup banyak juga yang tidak rutin mengontrol kondisinya ke puskesmas.

oPenderita Diabetes Melitus dan Hipertensi pra lansia maupun lansia memiliki keterbatasan untuk berkunjung ke Puskesmas untuk mengontrol kondisi penyakitnya. Terkadang adakalanya mereka merasa jenuh karena harus mengkonsumsi obat secara terus menerus, bahkan ada yang merasa kondisinya sudah nyaman langsung menghentikan konsumsi obat. Sehingga saat gejala terasa berat baru berkunjung ke puskesmas. Hal inilah yang akan menyebabkan penyakit Diabetes Melitus dan Hipertensi menjadi tidak terkontrol.

Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan kasus penderita Diabetes Melitus dan Hipertensi. Oleh karena itu Kepala Puskesmas melakukan evaluasi terhadap peningkatan tersebut.

oBeberapa kendala yang ditemukan adalah :
1. Keterbatasan tenaga yang bisa mengkoordinir kegiatan DM dan HT
2. Keterbatasan dalam memanajemen pengelompokan penderita DM dan HT
3. Kurang nya motivasi penderita DM dan HT untuk berkunjung ke Puskesmas
4. Kurangnya waktu pemberian edukasi karena pelayanan bergabung dengan pasien lainnya.

Melihat beberapa kendala tersebut maka pihak Puskesmas berinisiatif membentuk tempat pelayanan yang berfokus kepada penderita DM dan HT, agar penderita DM dan HT mendapat pelayanan yang holistik, mendapatkan informasi yang detail, mendapatkan edukasi yang cukup, dan mempermudah dalam pengambilan obat rutin.

Kegiatan tersebut adalah membuat pelayanan khusus yang diberi nama DM dan HT center. Program Inovasi DM dan HT center dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan mutu dan kualitas hidup serta mencegah terjadinya komplikasi yang berkelanjutan.

UPT Puskesmas Kuala Enok mengajak Kader Pendamping setiap Desa wilayah kerja Puskesmas Kuala Enok untuk ikut serta dalam pendampingan pada penderita DM dan Hipertensi. Tujuan dari pendampingan ini agar seluruh penderita DM dan Hipertensi dapat kita kontrol dan rutin berkunjung ke Puskesmas untuk memeriksakan kesehatan dan pengambilan terapi obat.

 

 

 337 total views