Aidila Tertipu Loker BPJS Kesehatan dan Telah Bayar Uang Registrasi Pegawai

Pekanbaru (Nadariau.com) – Lagi, Aidila Afriza (22) seorang lulusan sarjana yang mencoba peruntungan dengan melamar pekerjaan harus kecewa.

Pasalnya perusahaan tujuannya melamar – BPJS Kesehatan – ternyata tidak sedang membuka Lowongan Kerja (Loker). Sementara ia telah pun membayar sejumlah uang guna registrasi kepegawaian.

“Iya, sudah bayar 45 ribu. Ketahuannya beberapa bulan lalu saat mengantarkan berkas persyaratan ke Kantor BPJS (Kesehatan – red) yang di Jalan Nangka Ujung. Kata bapak satpamnya, BPJS sedang tidak buka lowongan. Sedih dengarnya, tapi ya mau bagaimanalagi,” katanya dengan menghiba, Jumat (26/11/2021).

Diceritakan bahwa Aidila mulanya berselancar di salah satu akun Instagram yang menginfokan aneka lowongan pekerjaan dan ia tertarik dengan unggahan info lowongan kerja BPJS Kesehatan. Ia pun menghubungi nomor WhatsApp yang tertera pada unggahan tersebut.

“Saya kemudian tanya syarat-syaratnya dan dibalas untuk membawa CV, fotokopi KTP, KK, dan ijazah terakhir. Juga diminta surat keterangan registrasi, dokumen piagam jika ada, hingga surat keterangan sehat,” lanjutnya.

Menurutnya lagi, surat keterangan registrasi ini yang kemudian akan diberikan kepada Aidila setelah ia mengirimkan sejumlah uang sebelum batas waktu yang ditetapkan dan dapat diambil saat jadwal wawancara.

Kini, unggahan lowongan kerja itu telah diunggah kembali oleh pemilik akun dengan dicap sebagai penipuan. Melalui deskripsi singkat di unggahannya, pemilik akun smenyatakan bahwa ia tidak tahu dan bersikap netral atas setiap unggahan yang ia unggah karena berniat membantu membagikan berbagai info lowongan kerja yang ada di Kota Pekanbaru dan sekitarnya. (alin)