Aliansi Masyarakat Kecam Workshop BULD Diskes Kampar Jauh-Jauh ke Bali

Kampar (Nadariau.com) – Aliansi Masyarakat Anti Korupsi Riau (AMAK-R) mengecam acara berupa workshop yang diduga di taja Dinas Kesehatan (Diskes) Kampar dengan mengajak seluruh Kepala Puskesmas se Kabupaten Kampar, jauh-jauh ke Bali, pada Rabu (17/11/2021) hari ini.

Korlap AMAK-R Memed menjelaskan, acara Workshop BULD ini akan dilaksanakan selama 3 hari. Kegiatan ini diduga memakai dana kegiatan Jaringan Kesehatan Nasional (JKN).

“Anggaran perorang yaitu berjumlah belasan juta rupiah. Setiap Puskesmas akan mengutus 2 orang perwakilan untuk menghadiri acara tersebut,” kata Memed.

Menurut Memed, acara Diskes Kampar hanya akan menghabiskan uang negara secara mubazir. Karena tidak memberi manfaat dalam mendukung meningkatkan ekonomi masyarakat Kampar dan Riau dimasa pandemi.

Mirisnya kegiatan yang diinisiasi Dinkes Kampar ini justru memakai dana kegiatan JKN yang seharusnya untuk masyarakat tidak mampu. Jika kegiatan itu, penting, maka bisa dilaksanakan dilokasi Kampar saja, sehingga uangnya bisa dimanfaatkan untuk masyarakat dan daerah.

“Kegiatan ini saya tegaskan tidak memberi kontribusi untuk meningkat ekonomi masyarakat. Diduga kegiatan ini hanya modus Diskes Kampar untuk bisa pergi berliburan akhir tahun,” tegas Memed.

“Kami dari AMAK-R dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Kampar berencana akan melakukan aksi penghadangan keberangkatan Kepala Puskesmas se Kabupaten Kampar pada pagi ini. Dan kami meminta Bupati Kampar juga mencopot pejabat terkait, karena membuat program justru merugikan masyarakat dan daerah,” ujar Memed.

Sementara, Kabid JKN diskes Kampar Ali Mora ketika dikonfirmasi media melalui aplikasi WA? Dia mengaku tidak tahu akan rencana itu. Namun saat disinggung terkait jabatannya, Ali Mora menjelaskan beliau Kabid Yankes. Dimana salahsatunya membawahi Kasi Pembiayaan.

Tupoksi bidang ini yaitu tentang pembiayaan jaminan kesehatan untuk pembayaran premi BPJS Pemda ke pihak JKN. Dan saat ini Puskesmas sudah BULD. Degala pendapatan baik BPJS melalui pemberian pelayanan digunakan sepenuhnya oleh Puskesmas tersebut.

Saat ditanya tujuan dan manfaat Kepala Puskesmas akan berangkat ke Bali? Ali Mora mengatakan beliau lagi melayani pasien di klinik. Dan berjanji akan menghubungi pihak media kembali.

“Saya sedang melayani pasien di klinik. Nanti saya konfirmasi lagi,” kata Ali dengan suara panik.

Hingga berita ini di publis, Kabid Yankes Diskes Kampar belum ada memberikan jawaban lanjutan. (olo)