Level PPKM Turun, Target Penting Ops Patuh Lancang Kuning 2021

Operasi patuh lancang kuning 2021

PEKANBARU (Nadariau) – Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi  membuka secara resmi operasi patuh Lancang Kuning 2021 di Mapolda Riau, Senin (20/9/2021). Pelaksanaan operasi patuh ini akan berlangsung selama dua pekan, hingga Ahad (3/10/2021) mendatang.

Tema yang diusung Ops Patuh Lancang Kuning tahun ini, “Melalui operasi patuh 2021 kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran corona virus disease (covid 19) serta mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantap,”.

Dalam arahannya, Kapolda Agung mengatakan, bahwa operasi patuh merupakan operasi terpusat dan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dibidang keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Melalui pelaksanannya, lanjut Kapolda Agung, operasi ini diharapkan terjadi peningkatan disiplin masyarakat dalam menjalankan ptotokol kesehatan dan disiplin dalam berlalu lintas.

“Tujuannya melalui operasi ini, upaya memutus rantai penyebaran virus COVID-19 dapat dilakukan,” harapnya

Dalam masa pelaksanaan operasi patuh selama dua pekan tersebut, seluruh personel yang terlibat  dilapangan akan melakukan kegiatan yang bersifat preemtif dan preventif, baik di bidang protokol kesehatan, maupun kamseltibcar lantas dengan mengedepankan giat edukatif, persuasif, simpatik dan humanis.

“Yang diutamakan dalam operasi ini adalah disiplin prokes,  agar masyarakat bersimpati bersamaan dengan operasi dan protokol kesehatan,” jelas founder aplikasi pencegah dan penanggulangan karhutla Dashboard lancang kuning ini.

Operasi patuh akan menyasar segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menjadi klaster baru penyebaran COVID-19.

Selain untuk memberikan kepatuhan dalam disiplin berprotokol kesehatan, operasi patuh dimaksudkan untuk mencegah masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas termasuk lokasi yang rawan macet, hingga m,emicu berbagai pelanggaran lain, kecelakaan lalu lintas serta rawan kerumunan.

“Harapan kita, operasi patuh tahun ini dapat menurunkan laju penyebaran covid-19 dan menekan jumlah korban fatalitas serta meminimalisir kemacetan lalu lintas untuk mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantap di Riau,” harapnya

Kepadai seluruh personel Polri yang ditugaskan dalam operasi patuh lancang kuning 2021 ini, Jendral bintang dua ini menekankan agar mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan berpegang pada Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Hindari tindakan pungli dan lakukan tugas operasi patuh lancang kuning 2021 dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat,” kata Agung menekankan

Irjen Agung menegaskan, kepada personil Polri dan masyarakat umum, diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Memakai masker, mencuci tangan dangan sabun pencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Protokol kesehatan adalah upaya memutus rantai penyebaran Covid 19, agar upaya tersebut berhasil, kita semua harus disiplin ketat dalam mematuhi prokes,”tegasnya lagi

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Riau Kombes Firman Darmansyah, dikatakannya adapun target yang ingin dicapai dalam operasi patuh lancang kuning 2021 kali ini, sesuai dengan masa Pandemi COVID-19 yang masih terjadi. Yaitu upaya melawan Covid 19.

“Yang menjadi target paling penting dalam operasi ini adalah menurunkan level PPKM di Provinsi Riau, caranya dengan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini dan mencegah terjadinya kerumuman massa. Disamping itu juga terciptanya kamseltibcar lantas pada jalur TOL, arteri dan tempat wisata serta memperlancar arus lalu lintas, menurunkan jumlah fatalitas korban laka lantas,” pungkas perwira melati tiga ini mengakhiri (Apon)