Istana Siak Dibuka, Syarat Masuk Harus Sudah Vaksin

Gubernur Riau H Syamsuar didampingi Wakil Bupati Siak Huzni Mezra mengunjungi Istana Siak di hari pertama dibuka kembali untuk umum

SIAK (Nadariau) – Setelah melewati serangkaian pembatasan pembatasan dalam PPKM level 4. Kini, Istana Siak kembali dibuka untuk umum, namun untuk dapat menikmati peninggalan sejarah negeri istana itu, para pengunjung diwajibkan memperlihatkan sertifikat vaksin Covid 19 minimal dosis pertama.

Wakil Bupati Siak, Huzni Merza saat mengunjungi Istana Siak dihari pertama resmi dibuka, Sabtu (18/9/2021) menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Siak sangat ketat dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid 19.

“Apabila pengunjung belum melakukan vaksinasi, dapat memperlihatkan hasil test antigen dengan keterangan negatif,”tegas Huzni Mezra

Ditambahkannya, pengunjung yang ingin menikmati wisata Istana Siak juga diwajibkan untuk mendownload aplikasi PeduliLindungi yang mana hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat kepada Pengelola Wisata, Penginapan, dan Kuliner.

“Kita mengikuti Instruksi menteri dalam negeri, Istana Siak boleh dibuka dengan syarat harus menerapkan Protokol Kesehatan ketat, dan setiap pengunjung diharuskan untuk mendownload aplikasi PeduliLindingi,” tambahnya

Kebijhakan tersebut juga berlaku bagi seluruh petugas Istana Siak kata Huzni, sama seperti pengunjung, mereka harus  divaksin Covid-19. Pelaku usaha yang berada di lingkungan Istana juga mendapatkan aturan yang sama.

“Ini upaya serius kita melawan Covid 19, menjaga masyarakat tetap aman dan terhindar dari penularan virus Corona ini,” imbuhnya.

“Kita ingin memastikan dengan dibukanya Istana Siak ini tidak terjadi lonjakan kasus Covid 19” imbunya.

Huzni Mezra juga mengingatkan pengunjung Istana sayap untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Protokol kesehatan tetap harus dijalankan, pengunjung harus mengenakan masker, ada fasilitas cuci tangan yang disediakan, dan jaga jarak selalu kunjungan,”tandasnya

Dihari pertama pembukaan Wisata Istana Siak, Gubernur Riau, H Syamsuar menyempatkan diri mengunjungi bangunan kebesaran kerajaan Melayu di kampung halamannya Siak Indra pura. (Infotorial)