Pemkab Gandeng Polda Riau Untuk Amankan Cagar Budaya

SIAK (nadariau) – Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman menyambut kunjungan Ditpam Objek Vital (Obvit) Polda Riau dalam rangka melakukan survei persiapan pengamanan cagar budaya yang tersebar se-Kabupaten Siak di Kantor Bupati Siak, Selasa (14/9/2021).

“Sinergitas antara Pemkab Siak dengan kepolisian ini bertujuan untuk menjaga keamanan situs dan objek cagar budaya agar tidak terjadi kerawanan pencurian, kerusakan, kebakaran, kondisi darurat dan hal-hal yang membuat hilangnya keaslian cagar budaya kita,” cakap Arfan.

Hubungan kerja ini, tidak saja melibatkan Dinas Pariwisata melainkan juga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas PU dan Dinas Kominfo dalam menjaga cagar budaya.

“Ke depannya kita ciptakan kesinambungan agar hal ini menjadi tanggungjawab, komitmen, serta perhatian dari setiap OPD terkait,” katanya.

Wakil Direktur Obvit Polda Riau, AKBP Rudi Hasriman mengatakan, sistem pengamanan terhadap cagar budaya saat ini dinilai masih rendah. Terkait sistem pengamanan internal, dilakukan dengan pemanfaatan kamera CCTV, namun beberapa cagar budaya tidak sesuai dengan standar pengamanan yang ada.

“Kita harap ke depan ada komunikasi yang baik antara Polda Riau dengan Pemkab Siak, yang ditindaklanjuti dengan pelaksanaan kerjasama teknis untuk menjaga pengamanan cagar budaya di Kabupaten Siak ini,” kata dia.

Kegiatan persiapan pengamanan cagar budaya ini dihadiri juga oleh Asisten lll Administrasi Umum Kabupaten Siak Jamaluddin, perwakilan Polres Siak dan sejumlah OPD terkait. (infotorial)