Bea Cukai Batam Kawal Ekspor Sayuran Hidroponik Senilai Rp5 Miliar Lebih

Bea Cukai Batam sambangi PT Batam Indo Agri Perkasa. (Foto: Ist)

Batam (Nadariau.com) – Bea Cukai Batam berkomitmen dalam mendorong pelaku usaha di Batam untuk melakukan ekspor menembus pasar global. Hal tersebut terwujud dalam asistensi berbentuk Customs Visit Customer pada PT Batam Indo Agri Perkasa.

Kehadiran Bea Cukai Batam disambut langsung oleh Tjaw Hioeng selaku Manajer Admnistrasi Batamindo dan Willie Tan Lim selaku Chief of Farm PT Batam Indo Agri Perkasa.

Kunjungan ini merupakan yang kedua kalinya setelah yang pertama pada November 2020 lalu.

Hal ini dilakukan karena adanya potensi ekspor yang luar biasa pada PT Batam Indo Agri Perkasa.

PT Batam Indo Agri Perkasa adalah perusaahaan yang menghasilkan komoditi ekspor berupa sayuran hidroponik.

Tercatat, setelah kunjungan Bea Cukai yang pertama tahun 2020, perusahaan itu berhasil melakukan 55 kali ekspor sayuran ke luar negeri dalam waktu 1 tahun terakhir. Komoditi yang diekspor memiliki nilai devisa total mencapai Rp5,609 miliar dengan total berat bersih sebesar 192 ton.

Sayuran hidroponik tersebut dipasarkan ke pasar lokal dan Singapura. Terdapat berbagai jenis sayuran hidroponik yang dihasilkan seperti, sawi manis (chye sim hua), sawi keriting (kimpak), pakcoy (xiao Bai cai), kailan, selada dan tomat.

“Untuk saat ini kami memasarkan produk selain di pasar lokal juga di pasar Singapura, segala jenis sawi kita tanam disini dan terbaru kami sedang menanam tomat,” kata Willie selaku Chief of Farm Batam Indo Agri Perkasa.

Bea Cukai Batam terus berkomitmen dalam mendukung para pelaku usaha, terlebih memiliki potensi ekspor yang luar biasa. Dalam situasi pandemi seperti ini, kegiatan ekspor dapat mendukung program pemulihan ekonomi negeri melalui devisa ekspor.

“Bea Cukai akan full support kepada setiap pelaku usaha, akan membantu apabila ada kesulitan dan mendorong hal hal yang berpotensi baik. Silahkan apabila ada pertanyaan bisa langsung kontak melalui sosial media kami atau datang langsung ke kantor kami,” kata Ambang Kepala Bea Cukai Batam.

Diharapkan PT Batam Indo Agri Perkasa dapat meluaskan pasar yang tidak hanya ke Singapura dan dapat meningkatkan jumlah komoditi ekspor. Bea Cukai Batam akan terus mendukung demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. (yen)