KONI Pekanbaru Dukung Atlet E-sport Riau Menuju PON 2021 Papua

Pekanbaru (Nadariau.com) – Atlet E-sport Riau sangat berpeluang mengikuti pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 Papua.

Untuk itu Ketua KONI Pekanbaru Anis Murzil turut memberikan support kepada atlet E-sport. Rata rata atlet E-sport yang ikut Pra PON berasal dari Pekanbaru dan seratus persen merupakan club Pekanbaru.

“Yang bertanding di Pra PON ini hampir semuanya atlet E-sport Pekanbaru dan club semuanya dari Pekanbaru,” ujar Anis, saat berkunjung di Venue E-sport, Jalan Mekarsari, Pekanbaru, Jumat (10/9/2021).

Meski cabang olahraga E-sport ini belum menjadi anggota KONI kata Anis, pihaknya tetap memberikan dukungan kepada E-sport dan atletnya yang sedang bertanding di Pra PON 2021.

Ia menilai E-sport sudah menjadi bagian dari KONI meski belum sah menjadi anggota.

“Kita rencanakan, pada rapat kerja KONI Kota Pekanbaru nanti, cabang olahraga E-sport kita masukkan dalam keanggotaan,” katanya.

Menurutnya, E-sport Pekanbaru sudah bekerja mandiri dalam membina atlet-atletnya.

“Dan itu mereka sudah buktikan dengan mewakili Riau dalam seluruh nomor pertandingan E-sport pada Pra PON ini,” ungkapnya.

Atlet E-sport yang bertanding di Pra PON ini adalah atlet yang lolos setelah mengikuti babak kualifikasi yang diselenggarakan oleh E-sport Riau.

Ada 400 orang yang mengikuti babak kualifikasi ini, dan yang berhak mewakili Riau pada Pra PON ini adalah mereka yang juara I.

Perlu diketahui, E-sport merupakan cabang olahraga eksibisi yang dibpertandingkan pada PON XX 2021 di Papua.

Ada empat jenis permainan E-sport yang dipertandingkan, yakni Mobile Legend, Free Fire, PES, dan PUBG. (dw)