Gelar Vaksinasi Merdeka, Polda Riau Siapkan 5.150 Dosis

Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Efendi bersama Gubri H Syamsuar meninjau pelaksanaan vaksinasi merdeka di Pekanbaru

PEKANBARU (Nadariau) – Kepolisian Daerah Riau gesa percepatan pencapaian target vaksinasi sebesar 75 persen di daerah. Untuk mengoptimalkan realisasinya Polda Riau melaksanakan vaksinansi Merdeka di empat tempat berbeda, Selasa (7/9/2021).

Dalam pelaksanaan vaksinasi merdeka, Polda Riau menyiapkan 5.150 dosis vaksin dengan melibatkan 210 tenaga vaksinator yang berasal dari institusi Polri, TNI dan vaksinator dari Dinas Kesehatan Pemprov Riau.

Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Efendi menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi merdeka yang di gelar di empat tempat secera serentak hari ini dengan ketersediaan 5.150 dosis disebar dalam 2.000 vaksin di Masjid Raya An Nur, di Gereja GBI Rayon 11 sebanyak 2.000 dosis, di Ponpes Al Mujtahadah Pekanbaru sebanyak 650 dosis, serta di Ponpes KH Ahmad Dahlan Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 500 dosis.

“Empat lokasi vaksinisasi merdeka hari ini, tiga diantaranya di Kota Pekanbaru dan satu lagi dilakukan di Kabupaten Kuansing,” kata Perwira bintang dua ini Selasa (7/9/2021).

Perwira bintang dua ini merinci, dari 6.394.087 jumlah penduduk Provinsi Riau, 75 target pencapaian vaksin yang ditetapkan Pemerintah pusat mengharuskan capaian vaksinasi harus menjangkau 4.478.860 masyarakat. Sedangkan saat baru 1.886.969 orang yang telah di vaksin atau telah mencapai 42 persen dari total jumlah masyarakat Riau.

“Ini akan terus kita optimalkan agar pencapaian target bisa dipercepat,” katanya

Agung menjelaskan dengan mengikuti vaksinasi ini akan membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) sehingga angka penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

“Tujuan vaksin untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 melalui penguatan imun tubuh lewat vaksin tadi, jika semua orang telah divaksin, ada kekebalan kelompok untuk melawan Covid 19,” terangnya

Lanjut sang jendral, patokan lainnya adalah angka positivity rate, di mana perbandingan antara jumlah kasus positif Covid-19 dengan jumlah tes yang dilakukan.

“Kita lihat tren positif Covid-19 di Provinsi Riau dengan positivity terus menurun dari 31 persen di awal Agustus dan menurun sampai awal September menjadi 6 persen,” ungkapnya.

Kegiatan vaksinasi Covid 19 kata Agung, akan terus dimaksimalkan pelaksanaannya, Polda Riau bersama jajarannya menargetkan pemberian vaksin sebanyak 19.000 dosis setiap harinya kepada masyarakat.

Agung optimis realisasi terget tersebut, mengingat saat ini pelaksanaan vaksinasi Covid 19 di Vaksinasi center milik Polda Riau, bisa melayani 3.000 orang setiap harinya.

“Kami juga mempercepat vaksinansi, dengan sistem antar jemput bagi kalangan lanjut usia (Lansia), vaksin door to door, kami jalin kerjasama dengan paguyuban, Ormas dan universitas dan kami juga mendorong pelaksanaan vaksinasi gotong royong di perusahaan,” ungkapnya.

Kapolda menghimbau kepada masyarakat yang belum di vaksin untuk segera mengikuti vaksin yang di sediakan gratis di Polda Riau, dan di Polres Polres setempat.

“Yang belum vaksin silahkan ikut vaksin, agar kita bisa melawan Covid 19,”pungkasnya (Apon)