Bagi Pendaki Formula Ini Tiga Gunung Rekomendasi di Sumbar

Sumbar (Nadariau.com) – Halo, Sahabat Bertuahpos! mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan traveling yang menantang.

Keindahan panorama di puncak gunung menjadi harga yang harus dibayar atas perjuangan panjang selama perjalanan mendaki.

Mendaki gunung memang tidak sama dengan kegiatan travelling biasa. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum Sahabat Bertuahpos melakukan perjalanan untuk menaklukan puncak.

Seperti kesiapan waktu, financial, logistik dan yang terpenting adalah kesiapan fisik dan mental.

Menaklukan puncak tidak semudah yang dibayangkan. Namun keindangan hamparan pemandangan tentulah menjadi motivasi untuk terus membakar semangat agar misi berjalan hingga usai.

Namun perlu diketahui bersama, bahwa tujuan utama mendaki gunung bukanlah puncak, melainkan selamat sampai ke rumah.

Nah, untuk kamu para pemula yang tinggal di Riau, berikut ini kami suguhkan 3 gunung di Sumatera Barat (Sumbar) yang cocok untuk pendaki pemula.

Gunung Marapi
Gunung Marapi merupakan salah satu gunung di Sumbar yang berstatus aktif. Meski demikian gunung sangat primadona bagi para pendaki. Tidak hanya untuk para pendaki profesional yang sudah berpengalaman, Gunung Marapi termasuk aman untuk para pendaki pemula.

Gunung dengan ketinggian 2.891 mdpl ini memilikan punya yang luas dengan pemandangan indah dan terbuka. Para pendaki juga dapat menyaksikan kawah gunung yang masih aktif mengeluarkan belerang.

Beberapa tempat favorit para pendaki di Gunung Marapi Sumbar yakni puncak Tugu Abel yang memiliki nilai sejarah, lalu hampangan lapangan luas, Puncak Merpati yang merupakan puncak tertinggi, serta taman edelweis yang indah.

Selain itu, dari Puncak Gunung Marapi juga dapat terlihat dengan jelas gaganya Gunung Singgalang saat cuaca cerah. Saat akan summit attack, kamu juga bisa menyaksikan samudra awan, jika cuaca mendukung.

Medan yang akan ditempuh juga relatif lebih aman jika dibandingkan gunung – gunung lain di Sumbar. Tidak terlalu curam dan lebih banyak bonus.

Meski demikian kondisi fisik tentulah menjadi faktor utama yang menentukan apakah kamu mampu menaklukan gunung ini atau tidak. Adapun jalur favorit untuk mendaki Gunung Marapi yakni melalui pos Pesanggrahan yang terletak di Kota Baru, Bukit Tinggi.

Gunung Talang
Gunung Talang juga merupakan gunung merapi yang terdapat di Sumatera Barat, persisnya sekitar 9 kilometer dari kota Arosuka, yang merupakan ibu kota Kabupaten Solok, dan sekitar 40 kilometer sebelah timur kota Padang.

Gunung ini bertipe stratovolcano dengan ketinggian 2.597 mdpl, merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatera Barat, dan salah satu kawahnya menjadi sebuah danau yang disebut dengan danau yang disebut Danau Talang.

Gunung ini setidaknya menawarkan pemandangan tiga danau indah di Kabupaten Solok. Adapun, tiga danau tersebut adalah Danau Di Atas di Kecamatan Lembah Gumanti, Danau Di Bawah di Kecamatan Lembang Jaya, dan Danau Talang di Kecamatan Danau Kembar.

para pendaki harus mendaki hingga pos atau Rambu 46 (disebut R46) dari jalur pendakian via Aie Batumbuak. Apabila ingin melihat Bukit Sileh, mereka harus mencapai puncak terlebih dahulu. Track untuk mendaki Gunung Talang juga termasuk cocok untuk pendaki pemula, karena penuh dengan hamparan kebun teh.

Gunung Singgalang
Gunung Singgalang juga dikenal dengan saudara Gunung Marapi, karena memang letaknya yang bersebelahan. Gunung ini memiliki ketinggian 2877 dengan kondisi geografis yang berbeda dengan gunung Marapi, namun masih tetap cocok untuk ditaklukan untuk para pendaki pemula.

Di puncak gunung ini terdapat Telaga Dewi yang merupakan sumbar air utama di puncak sekaligus menjadi ikon Gunung Singgalang.

Jalur pendakian Gunung Singgalang yang utama adalah jalur Pandai Sikek. Dari pasar Koto Baru, pendaki bisa berjalan atau naik ojek (sekitar 2 km) ke pos pendakian gunung Singgalang, tepatnya di Desa Tanjuang, Kenagarian Pandai Sikek.

Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan ke Tower (Stasiun Pemancar) lebih kurang 4 kilometer. Sepanjang pendakian, para pendaki pemula tak perlu khawatir akan tersesat sebab sudah dipasang petunjuk jalur yang cukup jelas.

Perjalanan normal hingga ke puncak memakan waktu 5 hingga 6 jam, tergantung kondisi cuaca. Saat musim hujan biasanya jalan menjadi sangat licin, dan belum lagi banyak pacet.

Oke, Sahabat Travelling Bertuah. 3 gunung di Sumatera Barat (Sumbar) yang cocok untuk pendaki pemula. Memang tidak semua orang suka mendaki, bahwa ada anggapan mendaki gunung adalah perbuatan yang sia – sia lantaran lebih banyak capeknya.

Tapi alangkah lebih baiknya kamu coba dulu untuk mendaki gunung, setelah itu baru putuskan apakah kegiatan ini menyenangkan atau tidak. (bpc/dan)