Pekan Ini Harga TBS Sawit Masih Menggairahkan di Riau

Pekanbaru (Nadariau.com) – Pekan ini, harga kelapa sawit periode 11 – 17 Agustus 2021 masih menggairahkan di Riau.

Diakui, harga ini ada sedikit mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit. Jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 – 20 tahun sebesar Rp 32,45/Kg atau mencapai 1,17% dari harga minggu lalu.

Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp 2.730,25/Kg.

Kepala dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, penurunan harga ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal turunnya harga periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikkan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

“Untuk harga jual CPO, PT. PTPN V mengalami penurunan harga sebesar Rp 202,33/Kg, PT. Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 280,19/Kg, PT. Astra Agro Lestari mengalami penurunan harga sebesar Rp 206,06/Kg, PT. Asian Agri mengalami penurunan harga sebesar Rp 91,86/Kg,” katanya.

Sementara dari faktor eksternal, harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) turun pada perdagangan hari ini Sepertinya koreksi harga disebabkan oleh investor yang mencairkan keuntungan, harga CPO di Bursa Malaysia tercatat MYR 4.243/ton. Turun 0,73% dibandingkan posisi akhir pekan lalu.

“Meksipun turun, namun harga sawit di Riau minggu ini masih berada pada level Rp 2.730 per Kg nya,” ujarnya. (mcr/don)