Disdukcapil Pekanbaru Buka Website Layanan Online Pengurusan Adminduk

Pekanbaru (Nadariau.com) – Pada kondisi dan situasi pandemi COVID-19 yang tidak menentu, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) membuka website pelayanan secara online.

Dengan layanan online, masyarakat tidak perlu datang keluar dan cukup dari rumah saja. Segala bentuk layanan sudah disediakan.

“Disdukcapil hadir dalam genggaman, melalui aplikasi dan website yang dirancang untuk memudahkan masyarakat,” kata Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita, Ahad (1/8/2021).

Masyarakat bisa mengakses Link Layanan Online Disdukcapil Kota Pekanbaru, yaitu Sipenduduk dengan alamat website https://sipenduduk.pekanbaru.go.id. Jam operasional layanan ini pada hari Senin sampai Jumat, Pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

“Sabtu, minggu dan Libur Nasional tutup,” jelasnya.

Ada beberapa jenis layanan yang bakal dilayani Disdukcapil Pemkot Pekanbaru yaitu :

1. Layanan Sipenduduk

• Akta Kelahiran (Hilang, Rusak, Salah Entri, Perubahan Nama),

• Akta Kematian, Akta Perceraian.

• Akta Perkawinan, Kartu Keluarga (Pindah Alamat Antar Kecamatan/Kelurahan.

• Kartu Keluarga Hilang/Rusak.

• Pemecah Kartu Keluarga

• Perubahan Elemen Data Meliputi (Tanggal Lahir / Bulan Lahir / Tahun Lahir), Jenis Kelamin, Pendidikan, Pekerjaan, Status Perkawinan, Golongan Darah dan NIK (Ganda), Perubahan nama Orang Tua, Penerbitan KTP-el dan Pengesahan Anak.

2. Layanan Tunggu

Kemudian, Disdukcapil juga punya Layanan Tunggu atau Lagu. Masyarakat bisa akses melalui https://disdukcapil.pekanbaru.go.id/pengajuanlayanan/3-layanan-ktp-el-hilang-dan-rusak .

Jam operasionalnya, Senin sampai Jumat pada Pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Sabtu, Minggu dan Libur Nasional layanan ini tutup. Lagu ini bisa melayani KTP-el Hilang, KTP-el Rusak dan KTP-el Urgent.

3. Layanan Pendatang

Kemudian, bagi Pendatang bisa mengakses https://disdukcapil.pekanbaru.go.id/pendatang. Jam operasional Senin sampai Jumat pada Pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Sabtu, Minggu dan Libur Nasional tutup. “Jenis Layanan, KK Pendatang,” jelasnya.

4. Layanan SKP

Kemudian Surat Keterangan Pindah atau SKP. Bisa diakses melalui https://disdukcapil.pekanbaru.go.id/pengajuanlayanan/2-skp-surat-keterangan-pindah-keluar-kota-pekanbaru

Jam operasionalnya Senin sampai Jumat pada Pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Sabtu, Minggu dan Libur Nasional tutup. Layanan ini untuk mengurus Surat Keterangan Pindah Keluar Kota Pekanbaru.

5. Layanan Sipintar

Ada juga Sipintar yang bisa diakses melalui https://sipintar.pekanbaru.go.id. Jam Operasionalnya 24 Jam. Layanan ini untuk Orang Terlantar seperti Disabilitas, Lansia dan ODGJ.

6. Layanan Sinopsis

Bisa diakses melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=com.disdukcapil.rapel. Jadi download aplikasi sinopsis di Play Store. Jam Operasional 24 Jam. Jenis Layanannya Pendaftaran KTP-el Siswa. (ap)