Mahasiswa KKN UIN Suska Riau Adakan Magrib Mengaji di Desa Tanjung Berulak Kampar

Kampar (Nadariau.com) – Dalam upaya melaksanakan Tri Dharma PerguruanTinggi yakni pengabdian kepada masyarakat, sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tanjung Berulak Kabupaten Kampar.

Ada beberapa program kerjanya mengajak masyarakat Desa Tanjung Berulak khususnya remaja dan anak-anak agar dapat memakmurkan mesjid dan musholla, karena mereka merupakan generasi penerus bangsa yang berlandaskan pada syariat Islam.

Upaya dalam memakmurkan mesjid dan musholla yang berada di sekitar Desa Tanjung Berulak yang sedang dilakukan oleh mahasiswa Uin Suska Riau ini adalah dengan mewujudkan Gerakan Magrib Mengaji.

Karena kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Mahasiswa KKN terhadap pentingnya menumbuhkan kecintaan membaca Al-Qur’an pada remaja dan anak-anak.

Tujuan Magrib Mengaji ini sebagai upaya menumbuhkan kesadaran di tengah-tengah masyarakat akan fungsi dan peranan Al-Qur’an bagi kehidupan manusia sehingga Al-Qur’an tetap dibaca dan dipelajari sekali pun telah tamat (khatam) dari Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Selanjutnya adalah meningkatkan minat dan kemampuan masyarakat dalam membaca Al-Qur’an, cara untuk meminimalisir pengaruh negatif dari media teknologi informasi dan media elektronik.

Upaya memakmurkan TPQ dengan kegiatan ibadah, serta untuk meningkatkan kerjasama antara orang tua, masyarakat dengan unsur pendidikan dan pemerintah, melalui pembinaan karakter anak-anak dengan program mengaji Al-Qur’an.

Mahasiswa KKN UIN Suska berhasil menggerakkan kembali magrib mengaji setelah sekian lama beberapa waktu lalu anak-anak di DesaTanjung Berulak tidak mengaji.

Hari pertama kegiatan magrib mengaji diadakan hari Jum’at (30/07/21) kemarin. Dilihat, anak – anak sangat antusias datang beramai-ramai ke Surau Desa Tanjung Berulak.

Swarez sebagai ketua pelaksana kegiatan magrib mengaji mengaku senang dan antusias dengan semangat mengaji anak-anak di desain.

“Hari Pertama kami adakan magrib mengaji ini, mereka sangat antusias dan punya semangat yang tinggi dalam belajar, kami yang mengajar pun jadi semangat melihat mereka antusias,” ujar Swarez.

Magrib mengaji ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an serta memakmurkan Surau DesaTanjung Berulak.

Milla selaku panitia magrib mengaji mengatakan sasaran utama dalam program ini anak-anak Desa Tanjung Berulak.

“Kegiatan ini lebih mengutamakan anak-anak di sekitar Desa Tanjung Berulak untuk menjadikan generasi yang cinta Al-Qur’an, karena kebanyakan generasi sekarang anak-anak terlalu sibuk dengan handphone sehingga jauh dari Al-Qur’an,” ungkapMilla.

Dengan adanya dukungan masyarakat dan semangat para mahasiswa KKN UIN Suska Riau serta antusias para remaja dan anak-anak Desa Tanjung Berulak.

Program Magrib Mengaji ini dapat menjadikan sebuah wadah untuk mempersiapkan pemimpin masa depan yang memiliki karakter berakhlak ul- Karimah, mencintai Al-Qur’an. Serta cerdas intelektual, sosial dan spiritual. (milla)