FKUB Cari Masukkan ke Kantor Kanwil Kemenag Riau

Pekanbaru (Nadariau.com) – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Propinsi Riau mengunjungi Kantor Kakanwil Kementrian Agama (Kemenag) Riau, Selasa (13/7/2021).

Kunjungan ini diterima oleh Kepala Kemenag Riau DR H Mahyudin MA bersama Kepala Tata Usaha yang baru H Asmuni SH MH, Kasubag Hukum dan Kerukunan Umat Beragama Gana dan Kasi Pondok Pesantren Kantor Dr HM Fakhri MA yang juga pengurus FKUB.

Sedangkan dari FKUB Riau hadir Ketua KH Abd Rahman, Wakil Ketua Frans PF Sirait, Erna Wilyanti SH
dan Sekretaris FKUB H Rasyidi Hamzah dan perwakilan Agama I Wayan Sutama dari Hindu, Jayus SE dari Konghucu, Pandapotan Sitanggang dari Katolik dan Buya Yana Mulyana dari Islam.

Sekertaris FKUB Riau H Rasyidi Hamzah kepada Nadariau.com mengatakan,
pertemuan ini salah satu agenda FKUB dalam memprogramkan Kinerja FKUB untuk mencari masukan terhadap keberadaan FKUB sebagai mitra pemerintah.

“Baik pemerintah dibawah Kementrian Dalam Negeri, Pemerintah Provinsi Riau maupun Kemenag sebagai stakholder dibidang Keagamaan,” kata Rasyidi.

Dalam pertemuan ini Kakanwil Kemenag Mahyudin meminta empat hal. Yaitu FKUB sebagai Forum organisasi Keagamaan, untuk mensosialisasikan program pemerintah kepada masyarakat, secara berkesibambungan.

Menjaga fungsi kerukunan yang baik, supaya menjadi lebih baik. Terutama dikalangan umat beragama yang ada di Riau.

Pihak Kemenag siap membantu dan bersinergi terhadap program yang dijalankan oleh FKUB dalam mewujudkan Kerukunan
Interen umat beragama, antar umat beragama dan antar umat beragama dengan pemerintah.

Kakanwil juga menghimbau kepada tokoh agama untuk menjaga protokol kesehatan dalam suasana Covid-19 yang melanda bangsa Indonesia.

“Empat pesan ini harus terwujud dengan baik. Supaya kerukunan umat beragama tetap terus terjaga di Bumi Lancang Kuning ini,” kata Mahyudin.

Sedangkan Ketua FKUB KH Abd Rahman Qaharudin, meminta kepada Kemenag untuk memfasilitasi kegiatan FKUB baik yang ada di Provinsi maupun daerah. Agar indek kerukunan di Riau yang rendah bisa meningkat.

Bagaimana usaha FKUB bisa memperoleh Harmony Award untuk Provinsi Riau sebagai penghargaan tertinggi dalam kategori kerukunan umat beragama di Indonesia.

“Dan bisa terwujutnya rumah kerukunan sebagai tempat berdialognya tokoh-tokoh agama,” kata KH Abd Rahman.

Kegiatan pertemuan di Aula Kemenag Riau ini dilaksanakan secara santai dan penuh akrab. Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan diskusi dari masing-masing perwakilan agama. (alin)

 48 total views