Sungai Bedeng Meluap desa Tebing Tinggi Simandolak Kuansing Banjir sejak Jumat dinihari

Kuansing (Nadariau.com) – Sabtu siang Bupati Kuansing Andi Putra langsung meninjau dan mrengantarkan bantuan setelah mengetahui warga kebanjiran akibat meluapnya bendungan dan sungai Bedeng, di desa Tebing Tinggi Simandolak sejak Jumat dinihari.

Andi Putra didampingi PLT Sekda Dr Agusmandar serta Kadis Sosial Nafisman juga langsung mengintruksikan agar melakukan normalisasi sungai Bedeng ini, agar masyarakat tidak lagi kebanjiran.

Jadi kunci permasalahan dari banjir yang rutin terjadi ini adalah akibat pendangkalan sungai. Sehingga perlu segera dilakukan normalisasi, tolong Pak Sekda koordinasikan dengan Dinas PUPR untuk menangani masalah ini segera, perintah Bupati kepada Sekda di hadapan warga.

Sementara solusi jangka panjang akan dibangun turap penahan tebing, di areal yang rawan dan ini akan kita koordinasikan dengan instansi terkait.

“Kepada warga saya berharap agar bersabar dan pemerintah akan segera melakukan penanganan. Untuk waktu singkat ini, kami antarkan bantuan berupa sembako, berupa beras, minyak makan, telur dan lainnya. Mudah mudahan bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak,” ujar Andi Putra.

Sementara Kades Tebing Tinggi, Andrian yang akrab di sapa Aan menjelaskan ada sedikitnya 13 rumah dengan 70 jiwa yang terdampak banjir kali ini. Pihaknya berterima kasih atas gerak cepat Bupati Andi Putra, dalam menanggapi keluhan warga.

“Sementara pihak desa telah menyalurkan bantuan nasi bungkus untuk seluruh jiwa yang terdampak di waktu yang sama,” kata Andrian. (fau)