Bupati Rohil Berharap LAM Rohil Bantu Pemda dalam Pembangunan Kedepan

Rohil (Nadariau.com) – Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong berharap kepada lembaga adat Melayu Rokan Hilir untuk ikut serta mendampingi Pemerintah dalam pembangunan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir,dengan berkolaborasi, Demikian disampaikannya,saat menyambangi Mess Pemda,Jalan Perwira, Kamis(10/6/2021).

“Harapan kami kedepan,mari sama sama dengan pemerintah untuk bekerjasama,berkolaborasi bersama, Sampaikan kepada kami apa yang harus kami buat untuk lembaga adat melayu (LAM). Sebenarnya kami mau LAM ini ikut mendampingi kami dalam mengambil kebijakan-kebijakan tentunya dan untuk pembangunan pembangunan yang ada di kabupaten Rokan Hilir, “ujarnya.

Afrizal juga menyampaikan bahwa Melayu dan adat tidak dapat di pisahkan karena Melayu identik dengan adat.Oleh sebab itu,Bupati Rokan Hilir ini menginginkan lembaga adat Melayu di Rokan Hilir menjalankan tupoksinya di kabupaten Rokan Hilir,bahkan ia menilai menilai LAM di kecamatan Bangko berangsur-angsur menghilang.

“Ini yang menjadi tanda tanya, padahal orang melayu masih di kecamatan Bangko ini, “jelasnya.

Dalam kesempatan ini dia menerangkan bahwa di daerah Rokan Hilir belum ada peraturan daerah tentang tanah ulayat dan tanah adat.

“Banyaknya tanah milik orang luar daerah Rohil,sementara sekarang ini pengurus LAM atau Majelis Tinggi Kekerabadan Adat atau Datuk Benau atau pucuk suku Ninik mamak tak punya tanah di daerahnya sendiri. Itu yang menjadi tanda tanya kami, “ujarnya.

Oleh Karena itu,Bupati Rokan Hilir berharap kepada Maston,selaku ketua DPRD Rohil beserta anggota merumuskan bagaimana agar masyarakat Rokan Hilir khususnya LAM memiliki tanah ulayat dan tanah adat.

“Kalau perlu nanti perbup atau peraturan bupati yang tentunya perdanya terlebih dahulu. Karena di daerah lain mengutamakan lembaga adat. Bahkan di Bali juga ada. Kedepan kami pemerintah daerah akan mendukung kebijakan kebijakan lembaga adat”ucapnya mengakhirinya.

Hadir dalam kegiatan tersebut,Wakil Bupati Rohil H.Sulaiman,SS,MH,Plt ketua LAM Riau Rohil Drs H.Surya Arfan,Msi,Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir HM.Job Kurniawan,Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto,SH,SIK, Dandim 0321/Rohil Letkol Arah Agung Rachman WahyudiS.I.P,Ml,Pol,Para Asisten,Kepala OPD,Tokoh Masyarakat,serta Organisasi Pemuda. (sd)