Disdik Riau Buka Penerimaan Peserta Didik Baru SMA/SMK 14-21 Juni

Pekanbaru (Nadariau.com) – Mulai tanggal 14 -21 Juni 2021, Dinas Pendidikan (Disdik) Riau akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), untuk tingkat SMA/SMK di Provinsi Riau.

Ada beberapa jalur pendaftaran untuk SMA yang bisa diambil masyarakat, seperti jalur afirmasi, jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan orangtua.

Kemudian, untuk pendaftaran dilakukan secara online yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

“Selain empat jalur tersebut juga ada dengan jalur Tes Mandiri, dimana jalur tes mandiri adalah menjaring calon peserta didik melalui tes Potensi Akademik,” terang Ketua panitia PPDB Disdik Riau, Dasril, Kamis 10 Juni 2021.

Ditambahkan Dasril, setelah pendafataran di 14 hingga 21 Juni, dilanjutkan dengan tahapan validasi dan verifikasi berkas. Untuk validasi dan verifikasi berkas, dilakukan pada 21 hingga 23 Juni.

Sementara, untuk jenjang SMK, tidak ada jalur pendaftaran, namun menerapkan sistem seleksi.

Penyeleksian dilakukan seperti seleksi dari keluarga miskin, putra putri tenaga kesehatan, seleksi domisili jarak terdekat, hingga seleksi jalur prestasi.

Untuk kouta sendiri, jalur zonasi atau berdasarkan domisili mendapatkan 50 persen dari kapasitas sekolah. Sementara, peserta dari jalur afirmasi atau Keluarga kurang mampu (yang berada dalam zona) paling sedikit 15 persen.

Sementara, untuk jalur Perpindahan paling banyak sebesar 5 persen dari kapasitas sekolah. Untuk jalur prestasi, mendapatkan lebih kurang 30 persen dari kapasitas sekolah. (bpc/dan)