Seluruh Dosis Vaksin di Rumah Sakit Pekanbaru Ditarik Pemerintah

Pekanbaru (Nadariau.com) – Seluruh dosis vaksin Covid-19 yang ada di rumah sakit di Kota Pekanbaru ditarik oleh pemerintah. Sehingga untuk sementara waktu seluruh rumah sakit tersebut tidak lagi menyediakan vaksin.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra mengatakan, Diskes Kota Pekanbaru sudah menarik seluruh dosis vaksin Covid-19 di 28 rumah sakit dengan total ada 916 vial (9.160 botol).

“Proses penarikan dosis vaksin di rumah sakit berlangsung hingga kemarin sore,” kata Arnaldo, Rabu (9/6/2021).

Sementara total keseluruhan ada di stok Pemko Pekanbaru adalah sekitar 6.190 dosis. Ribuan dosis vaksin itu sudah tersimpan di Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Jalan Garuda.

“Kita sudah tarik semua dari rumah sakit. Seluruh vaksin tersimpan di IFK,” jelasnya.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru melakukan penarikan terhadap seluruh dosis vaksin Covid-19 di rumah sakit. Adanya penarikan vaksin ini dalam rangka evaluasi pelaksanaan vaksinasi.

Arnaldo menyebut bahwa penarikan dosis vaksin karena terdapat data yang tidak cocok. Pihaknya menemukan data vaksin di rumah sakit yang tidak sesuai dengan jumlah persediaan dosis vaksin.

Data jumlah vaksin seharusnya terdapat dalam Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (SMILE). Ia menyebut bahwa yang jadi persoalan vaksin disuntikan tapi tidak cocok dengan data P-care.

Pihak rumah sakit mestinya memasukkan data warga yang sudah suntik vaksin dalam data P-Care. Data ini masuk dalam sistem komputer. (ind)