Akibat Harga TBS Turun Mempengaruhi Penurunan Harga CPO di Riau

Pekanbaru (Nadariau.com) – Akibat harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit turun untuk periode 9-15 Juni 2021, mempengaruhi penurunan harga (Crude Palm Oil/CPO) di Riau.

Jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 – 20 tahun sebesar Rp 96,46/Kg atau mencapai 3,82% dari harga minggu lalu.

Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp2.431,51/Kg.

Kepala dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, turunnya harga sawit minggu ini karena Harga komoditas minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) Malaysia ambles 1 persen.

“Namun harga kontrak pengiriman Agustus yang ditransaksikan di Bursa Malaysia Derivatif Exchange masih tetap di atas RM 4.000/ton. Harga CPO turun RM 46 ringgit atau melemah 1,11% ke RM 4.112/ton,” kata, Rabu (9/6/2021).

Prospek kenaikan stok minyak sawit Malaysia di akhir bulan Mei cukup membebani harga CPO.

Harga minyak sawit mentah masih mengalami volatilitas yang tajam diakibatkan oleh kenaikan yang sudah terlalu tinggi dan membaiknya prospek produksi secara historis di paruh kedua tahun ini.

“Meskipun turun harga kelapa sawit masih diatas Rp2.000 per Kilogram. Mudah-mudahan harga akan kembali membaik,” harapnya.
(mcr/nto)