RSJ Tampan Riau Berikan Pelatihan Keterampilan Berkebun Kepada Pasien

Pekanbaru (Nadariau.com) – Vokational Rehabilitasi Instalasi Napza Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Provinsi Riau memerikan pelatihan keterampilan perkebunan kepada pasien rehabilitasi narkoba.

Diharapkan keterampilan ini bisa bermanfaat saat program rehabilitasi selesai. Vokational atau keterampilan kerja adalah salah satu program unggulan yang ada di Rehabilitasi Instalasi Napza RSJ Tampan Riau, untuk pasien rehabilitasi akibat kecanduan narkoba.

Kegiatan ini langsung dipimpin oleh instruktur vokational M Irwan Novrialis AMK. Beliau juga sebagai perawat di rehabilitasi Instalasi Napza Rsj Tampan Riau.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pasien rehabilitasi narkoba RSJ Tampan. Kegiatan ini juga untuk mengoriantasikan kepada masyarakat bagi yang ada keluarganya pengguna narkoba.

Pelatihan pengembangan keterampilan vokasional ini adalah pelatihan perkebunan. Antara lain pembibitan cabe dan bagaimana cara perawatannya. Kegiatan ini sangat dibutuhkan bagi pasien untuk lebih bersemangat menjalani program rehabilitasi.

“Pasien mengungkapkan rasa terima kasih dan mereka berjanji setelah selesai dari program rehabilitasi di Instalasi Napza ini akan melanjutkan kegiatan tersebut dirumahnya, ujar Instruktur Vokational Irwan, Kamis (3/6/2021).

Menurut Irwan, kegiatan ini sangat bagus dan menarik sekali. Karena bisa membantu pasien yang sedang rehabilitasi di RSJ Tampan, dalam mengembangkan keterampilannya.

“Setelah menjalankan rehabilitasi tersebut. Mereka bisa berkarya seperti orang sehat lainnya,” sambung Instruktur vokational itu. (dan)