Beberapa OPD di Lingkungan Pemko Sudah Menerapkan Pembayaran Non Tunai

Pekanbaru (Nadariau.com) – Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah menerapkan sistem non tunai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru). Seperti untuk penerimaan dan pembayaran.

Sementara kedepan Pemko Pekanbaru akan menerapkan kepada semua OPD untuk melakukan pembayaran non tunai.

“Kita akan seragamkan semua harus menerapkan sistem tersebut. Karena dari pihak Bank Riau Kepri sudah siap menerapkannya,” kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil, Jumat (2/4/2021).

Disampaikan Jamil, penerapan transaksi non tunai guna menindaklanjuti surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 910/1867/SJ tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Transaksi non tunai, lanjut Jamil, merupakan salah satu upaya Pemko Pekanbaru dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Dengan menerapkan sistem non tunai, terang dia, banyak manfaat yang bisa didapat seperti meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan dimana seluruh stakeholder dapat mengakses informasi tentang keuangan.

Selain itu, pekerjaaan bendahara pengeluaran/penerimaaan menjadi lebih ringan sehingga dibutuhkan sedikit personil. Dapat mengetahui realisasi penerimaan dan belanja secara online/realtime.

“Yang terpenting, penyusunan laporan keuangan tepat waktu, sehingga efisiensi anggaran yang signifikan,” tutupnya. (ind)