Mahasiswa KKN STIE Indragiri di Desa  Petalongan Melakukan Sosialisasi Prokes, dan Memaparkan Pembuatan Hand Sanitizer Dari Bahan Alami

Inhu, (Nadariau.com) – Untuk mencegah penularan Covid-19 di Desa Petalongan, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indragiri melakukan sosialisasi kepada Masyarakat pada, Sabtu 13/03/2020 pukul 14:00 WIB.

Sosialisasi tersebut bertempat di Gedung Serba Guna Desa Petalongan.

Narasumber dalam sosialisasi tersebut langsung dari ketua KKN Desa Petalongan Ridho De Al Miko.

Dalam kesempatan itu Ridho mengungkapkan bahwa didalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19, kita wajib mematuhi protokol kesehatan dengan cara tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak seperti anjuran Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Inhu.

Ridho juga mengajak masyarakat agar bersama-sama untuk saling mengingatkan tentang protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat agar terhindar dari penularan Covid-19.

Selain sosialisasi tentang protokol kesehatan, yang membuat masyarakat Desa Petalongan Kagum ternyata Ridho beserta mahasiswa KKN lainnya mempunyai ide kreatif didalam pembuatan Hand Sanitizer dari bahan Alami.

Pembuatan Hand Sanitizer alami tersebut bermodalkan bahan dari Daun Sirih dan Jeruk Nipis.

Ridho menjelaskan, salah satu Ide pembuatan Hand sanitizer alami tersebut bertujuan untuk mengurangi biaya pembelian Hand sanitizer yang diperjualbelikan di apotik maupun di pasar.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dimasa Pandemi Covid-19, Ekonomi di kalangan masyarakat Kota maupun Desa begitu sangat Sulit karena semua kegiatan dibatas oleh tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19.

“Pembuatan hand sanitizer ini tidak menggunakan biaya yang banyak cukup hanya dengan Daun Sirih yang direndam menggunakan air mendidih selanjutnya ditiriskan hingga dingin kemudian dicampur dengan perasaan jeruk nipis untuk penyegar aroma Hand sanitizer tersebut, ” Ungkap Ridho.

Disamping itu Sekretaris Desa Petalongan Eprizon mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KKN STIE Indragiri.

Saya sangat bangga terhadap ide-ide yang sudah diberikan oleh mahasiswa KKN STIE terhadap masyarakat untuk tetap selalu mematuhi protokol kesehatan, dan lebih kreatif dimasa pandemi Covid-19 mengingat Ekonomi ditengah-tengah masyarakat pada saat ini begitu sangat lemah.

“Selain itu saya juga berharap kepada seluruh  perangkat desa agar tetap selalu mengingat dan menghimbau kepada seluruh masyarakat desa Petalongan untuk tetap mematuhi Protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19, “tutup Eprizon. (Rio)