Unilak Teken MoU Bersama PT RHN untuk Tingkatkan hubungan Akademisi dengan Dunia Usaha

Pekanbaru (Nadariau.com) – Universitas Lancang Kuning (Unilak) terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Tidak hanya sesama perguruan tinggi, kali ini Unilak menjalin kerjasama dengan dunia industri/perusahaan.

Bertempat disalah satu resto di Pekanbaru, dilakukan penandatangan kerjasama Memorandum Of Understanding (MoU) antara Unilak dan PT Rokan Horizon Nusantara (RHN), Kamis (14/01/2021) kemarin.

Rombongan Unilak langsung dipimpin oleh Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum, Wakil Rektor III Unilak bidang kemahasiswaan dan kerjasama Dr Bagio Kadaryanto SH MH dan dosen Pascasarjana Unilak Dr Adolf.

Sementara itu dari PT RHN hadir jajaran manajemen yang dipimpin oleh Managing Director Deswandi Muzwar, sejumlah tokoh masyarakat dan disaksikan oleh tokoh Lembaga Adat Melayu Riau Datuk Syahril Abu Bakar.

Sebelum ditandatangi MoU ini, kedua belah pihak saling berdiskusi dan mengenal diri. MoU dilakukan dalam rangka meningkatkan hubungan antara dunia pendidikan dengan dunia usaha, memajukan pendidikan di Riau, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan Tri Darman Perguruan Tinggi.

Usai penandatanganan MoU, kedua belah pihak tampak bahagia dan senang.

Rektor Unilak Dr Junaidi mengatakan, bidang kerjasama yang dilakukan berkaitan dengan Tri Darma Perguruan tinggi, bidang industri hulu Migas, bidang pariwisata dan industri kreatif, bidang industri pertanian perkebunan, kehutanan serta bidang lainnya.

“Ini kerjasama kita dengan PT RHN, bagi unilak ini kesempatan dan tantangan, Unilak akan berperan pada sektor Migas. Kami pecaya tim RHN adalah orang-orang yang berpengalaman dan berkolaborasi bagi Unilak akan sangat baik, menguntungkan akademis dan masyarakat Riau,” ujar Dr Junaidi, Ahad (17/01/2021).

Rektor Unilak ini juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Lembaga Adat Melayu Riau, hal ini dapat dilihat dengan hadirnya Datuk Syahril Abu Bakar saat MoU.

“Kami berterima kasih secara khusus kepada Datuk Syahril Abu Bakar yang mendukung. Ini dapatkan dukungan LAM yang berjuang meningkatkan derajat masyarakat Riau.

Sementara itu Managing Director PT RHN, Deswandi Muzwar, menyebutkan  kerjasama dengan Unilak dilakukan karena ia yakin Unilak mempunyai kapasitas yang cukup bagus.

“Unilak Universitas yang sangat besar di Riau, dan kami mendapatkan respon yang baik, dan kami merasa nyaman dan yakin melakukan kerjasama dengan Unilak. Kita ingin meningkatkan ekonomi masyakat tempatan,” jelasnya.

Dengan adanya kerjasama ini disambut baik oleh Datuk Syahril Abu Bakar. Karena kerjasama tersebut bisa mengembangkan SDM. Sementara PT RHN sudah berpengalaman.

Dan Unilak sendiri adalah perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Riau yang mendapatkan kesempatan sebagai wadah untuk kajian-kajian Migas khususnya blok Rokan. Sehingga anak kemanakan kita, bisa bekerjasama dan maju masuk ke perusahaan lokal itu.

“Saya yakin dengan Unilak, alumni-alumni Unilak sudah berkualitas. Kita lihat figur muda seorang Rektor Unilak ini, dengan semangat beliau anak-anak kemanakan Riau akan semakin maju. Akademisi dan praktisi sudah bertemu dalam wadah ini (kerjasama) yang cocok,” ujar Syahril. (wid)