Pasangan Afrizal-Sulaiman Tinggal Selangkah Lagi Pimpin Kepala Daerah Rohil

Rohil (Nadariau.com) – Berdasarkan hasil perhitungan suara sementara Pilkada Rohil, pasangan dengan julukan AMAN itu mengumpulkan suara terbanyak dan mengungguli rival-rivalnya termasuk incumbent Suyatno-Jamiluddin dengan klaim selisih suara sekitar 10.000 suara.

Untuk itu, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir H Afrizal Sintong-H Sulaiman Azhar tinggal selangkah lagi untuk dinobatkan sebagai pemimpin baru di Negeri Seribu Kubah.

Jurubicara Paslon AMAN, H. Azhar Syakban kepada media, Jumat (11/11/2020) malam mengungkapkan, keunggulan sekitar 10.000 suara dari pasangan petahana Suyatno-Jamiluddin itu berdasarkan formulir C-1 Plano (hasil perhitungan suara) yang dihimpun Tim Koalisasi Parpol Pengusung pasangan Afrizal-Sulaiman.

“Kami sudah hitung dari formulir C1 Plano. Dan hasilnya, Alhamdulillah, pasangan Afrizal Sintong-Sulaiman unggul 10.000 suara (dari incumbent Suyatno-Jamiluddin),” ujar Azhar Syakban yang juga ayah kandung H Sulaiman, calon wakil bupati Rokan Hilir.

Namun Azhar Syakban yang akrab disapa Wak Atan ini tidak menyebut angka pasti berapa perolehan suara yang diraih Afrizal-Sulaiman berdasarkan Formulir C-1 tersebut. Begitupun jumlah suara yang berhasil dihimpun petahana Suyatno-Jamiluddin yang menurut tim AMAN berada di urutan kedua.

Tapi yang jelas, sejak penghitungan suara di hari pertama pasca-pencoblosan pada 9 Desember hingga Jumat (11/12/2020), perolehan suara Afrizal-Sulaiman mengungguli tiga paslon lainnya.

Berdasarkan situs resmi KPU, yakni pilkada2020.kpu.go.id Jumat 11 Desember 2020 pukul 16.15 wib, pasangan Afrizal – Sulaiman meraih 32.0 % atau 19.148 suara. Sedangkan Suyatno – Jamiluddin meraih 31,9 % atau 19.099 suara.

Sementara pasangan lainya yaitu Asri Auzar – Fuad Ahmad meraih 29,6% atau 17.729 suara. Dan pasangan Cutra Andika – Muhammad Rafik meraih 6,5% atau 3.901 suara.

Pemenang resmi Pilkada termasuk Pilkada Rohil akan ditentukan melalui penghitungan manual hasil pemungutan suara oleh KPU berdasarkan rekapitulasi Formulir C1, dimulai dari TPS, kecamatan dan Kabupaten.

Sesuai jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), penghitungan suara dijadwalkan mulai 9-15 Desember 2020. Sedangkan jadwal rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilihan bupati/wali kota antara tanggal 13-17 Desember 2020. Dan pengumuman hasil rekapitulasi tingkat kabupaten/kota tanggal13-23 Desember 2020.

Isyarat Kemenangan

Isyarat kemenangan Afrizal-Sulaiman di Pilkada Rohil itu sebenarnya sudah terlihat sejak hari pertama penghitungan suara. Terlebih lagi ketika Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIk, Kamis (10/12/2020) datang bersilaturahmi ke kediaman calon Bupati Rohil, Afrizal Sintong.

Pada saat itu Kapolres minta agar Paslon Afrizal-Sulaiman (AMAN) tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dan tidak membuat kerumunan massa. Kapolres juga minta agar pasangan AMAN tidak membuat euforia yang berlebihan yang dapat membuat kerumunan orang banyak berkumpul.

“Inikan masih dalam masa pendemi covid19, jadi kita diminta untuk tetap pakai masker dan jaga jarak,” jelas Afrizal Sintong, mengungkapkan apa yang disampaikan Kapolres datang bersilaturrahmi ke kediamannya.

Afrizal menyambut baik atas saran yang diberikan Kapolres Rohil agar masyarakat tetap terjaga dari Covid19. Sebab itu, Afrizal juga minta seluruh masyarakat, simpatisan dan pendukung agar tidak melakukan perayaan yang berlebihan.

Kepada media ini, Afrizal Sintong melalui Jurubicaranya Azhar Syakban, mengajak segenap komponen dan masyarakat Rohil untuk bersama-sama membangun Kabupaten Rokan Hilir ke arah yang lebih lagi ke depan. “Pilkada sudah selesai. Mari kita bersama-sama kembali merajut kebersamaan untuk membangun Kabupaten Rokan Hilir yang kita cintai ke arah yang lebih baik lagi ke depan,” kata Afrizal yang akrab disapa Epi Sintong seperti dituturkan Azhar Syakban.

Azhar Syakban juga mengatakan, pemikiran berbagai tokoh Rokan Hilir, termasuk Bupati saat ini, Suyatno, sangat dibutuhkan pasangan Afrizal-Sulaiman kelak ketika sudah definitif jadi Bupati-Wakil Bupati periode 2021-2026. Apalagi, selain dengan Afrizal, Suyatno juga berteman baik dengan Azhar Syakban, yang tak lain adalah ayah kandung H Sulaiman, Wakil Bupati Rohil periode ke depan. (mpc/sd)