Si Beres Puskesmas Ranai, Catatkan Nama Natuna di Ajang Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020

Natuna (Nadariau.com) – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, kembali meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat.

Kali ini, Inovasi Pelayanan Kesehatan bernama Si Beres, atau singkatan dari Siap Bersalin, Terima Bersih, Praktis dan Ringkas, yang digagas oleh Puskesmas Ranai, dibawah Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, berhasil mencatatkan namanya di daftar Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020, bidang kesehatan.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI, Tjahjo Kumolo, kepada Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, melalui acara Penyerahan Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik, Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 dan Top Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik tahun 2020, yang digelar Kemenpan RB di Gedung Tribrata, Jalan Damawangsa III Nomor 2, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, pada Rabu (25/11) siang.

Dalam sambutannya Tjahjo Kumolo menjelaskan, bahwa terdapat 3.059 proposal yang diikuti oleh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia dan terseleksilah sebanyak 2.500 proposal secara online melalui sistem Inovasi Pelayanan Publik (SiNovik).

Kata beliau, seleksi dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai dari administrasi, penilaian proposal oleh tim evaluasi, presentasi dan wawancara oleh tim Panel Independen.

“Atas prestasi tersebut diatas, sambung Menpan RB, Pememerintah Daerah Kabupaten Natuna berhak mendapatkan tambahan Dana Insentif Daerah, dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, guna meningkatan Kinerja Pelayanan Publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, mewakili Pemerintah Daerah dan Masyarakat Natuna, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemenpan RB yang telah memberikan penghargaan ini.

Menurutnya, hal ini bisa menjadi motivasi bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bekerja lebih maksimal, dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Ngesti juga menyampaikan terimkasih kepada Kemenkeu RI, yang juga akan memberikan Dana Insentif Daerah bagi setiap Kabupaten/Kota yang masuk daftar Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020, termasuk Kabupaten Natuna.

Selanjutnya Ngesti juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Dinas Kesehatan Natuna, khususnya Puskesmas Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, yang telah membawa nama baik Kabupaten Natuna diajang kompetisi tingkat Nasional, dan atas kerja kerasnya selama ini, berhasil meraih nominasi Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 dibidang kesehatan.

Menurut Ngesti, berada di Daerah Kepulauan dan Perbatasan NKRI, Natuna selalu menjadikan pelayanan publik dan peningkatan mutu kesehatan masyarakat, sebagai salah satu prioritas utama bagi menuju pembangunan Daerah kearah yang lebih baik. (Pro_Kopim/Red)(wan)